MPR Dukung TNI Bentuk Matra Keempat Selain AD, AL dan AU: Angkatan Siber

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 16 Agu 2024, 11:35
Moh. Rizky
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Prajurit TNI. (Antara) Prajurit TNI. (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI meminta dibentuknya matra keempat TNI, selain Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU). Matra ini adalah TNI Angkatan Siber. Hal tersebut dinyatakan MPR dalam Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/7/2024).

Awalnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) membahas soal kemajuan teknologi yang tengah berlangsung saat ini. 

"Kemajuan teknologi, khususnya teknologi informasi, juga diharapkan menjadi solusi bagi berbagai permasalahan yang kita hadapi saat ini," ujar Bamsoet dalam pidatonya.

"Digitalisasi layanan dari perdagangan, jasa keuangan, hingga pemerintahan, berkembang semakin cepat dalam satu dekade terakhir," imbuhnya.

Ia lantas menyinggung berbagai dampak dari digitalisasi tersebut. Terutama konsekuensi negatif dari perkembangannya.

"Namun digitalisasi yang berkembang pesat juga meninggalkan persoalan lain, yakni melebarnya ketimpangan digital, terutama di Indonesia bagian timur," tuturnya.

Selain itu, MPR menilai ketahanan keamanan siber di Indonesia juga masih perlu ditingkatkan. Ini dapat dilihat, salah satunya pada kasus peretasan data nasional beberapa waktu lalu.

Halaman
x|close