Kenapa Negara Kita Dinamakan Indonesia?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 17 Agu 2024, 14:56
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Bendera Indonesia Bendera Indonesia (Instagram)

Ntvnews.id, Jakarta - Kata "Indonesia" memiliki sejarah panjang dan menarik yang mencerminkan perjalanan bangsa serta kekayaan budaya Nusantara. Berikut ini adalah penjelasan mengenai asal usul kata "Indonesia".

Asal Usul dan Sejarah

Kata "Indonesia" pertama kali diperkenalkan oleh seorang etnolog dan geografer asal Jerman, Adolf Bastian, pada tahun 1884 dalam bukunya berjudul "Indonesien oder die Inseln des Malayischen Archipels".

Namun, sebelum Bastian menggunakan istilah ini, seorang etnolog asal Inggris, James Richardson Logan, telah memperkenalkan istilah "Indonesia" pada tahun 1850 dalam jurnal ilmiah "The Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia". Logan menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan kepulauan yang kini dikenal sebagai Indonesia.

Baca Juga: Kapolri: Selamat HUT RI, Nusantara Baru Indonesia Maju!

Kata "Indonesia" sendiri berasal dari gabungan dua kata Yunani kuno, yaitu "Indos" yang berarti India dan "nesos" yang berarti pulau. Secara harfiah, "Indonesia" berarti "Kepulauan India". Istilah ini digunakan untuk menggambarkan kepulauan yang terletak di antara daratan Asia dan Australia, serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Penggunaan dalam Pergerakan Nasional

Halaman
x|close