Daftar Nama Menteri yang Kabarnya kena Reshuffle Jokowi

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 19 Agu 2024, 06:00
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma'ruf Amin memimpin Sidang Kabinet perdana di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin, 12 Agustus 2024. Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma'ruf Amin memimpin Sidang Kabinet perdana di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin, 12 Agustus 2024. (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

Ntvnews.id, Jakarta - Rumor mengenai rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju semakin kuat.

Dikabarkan beberapa menteri akan diganti, sementara yang lain akan dipindahkan ke posisi baru. Sebenarnya, kabar ini sudah beredar sejak pekan lalu. Jokowi sendiri selalu menegaskan bahwa keputusan reshuffle adalah hak prerogatifnya.

Siapa saja yang kemungkinan terkena reshuffle? Kabarnya, Menteri ESDM Arifin Tasrin akan digantikan oleh Bahlil Lahadalia, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Investasi. Sementara itu, posisi Menteri Investasi akan diisi oleh Rosan Roeslani, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.

Baca Juga: Jokowi Reshuffle Kabinet: Yasonna Dicopot, Bahlil Jadi Menteri ESDM, Rosan Menteri Investasi

Ada juga kabar bahwa Yasonna Laoly akan kehilangan posisinya sebagai Menteri Hukum dan HAM, dengan kursi tersebut kemungkinan diambil alih oleh politikus Gerindra, Supratman Andi Agtas. Memang, beberapa menteri yang akan digeser dan digantikan berasal dari PDI Perjuangan dan Partai Nasdem.

Selain itu, Jokowi dikabarkan akan melantik dua kepala badan, termasuk Kepala Badan Gizi Nasional, yang baru dibentuk melalui Perpres 82/2024 yang diteken Jokowi pada 15 Agustus 2024. Berikut beberapa nama yang disebutkan dalam kabar tersebut:

1. Menkumham Yasonna Laoly diganti Supratman Andi Atgas

Halaman
x|close