Pendaftaran Caketum Golkar Dibuka, Bahlil Kantongi Dukungan Terbanyak

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 19 Agu 2024, 15:11
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Menko Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Menko Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

Ntvnews.id, Jakarta - Partai Golkar mulai membuka pendaftaran calon ketua umum (Caketum) hari ini, Senin, 19 Agustus 2024, dari pukul 16.00 hingga 22.00 WIB.

Pendaftaran ini dilakukan sehari sebelum rapat pimpinan nasional (Rapimnas) dan musyawarah nasional (Munas) ke-11 Partai Golkar yang akan berlangsung pada 20 dan 21 Agustus 2024.

Calon ketua umum (Bacaketum) harus mendapatkan minimal 30% surat dukungan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat I Partai Golkar. Secara keseluruhan, ada 38 provinsi dengan DPD tingkat I.

Baca Juga: Bahlil Daftar Sebagai Calon Ketua Umum Partai Golkar Malam ini

Selain itu, bacaketum juga perlu mendapatkan dukungan dari DPD Partai Golkar tingkat II serta organisasi pendiri dan sayap partai. Syarat-syarat tersebut akan diverifikasi oleh panitia pengarah (steering committee).

Sementara itu, Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzili menyatakan bahwa 37 DPD provinsi telah sepakat mendukung Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Sebagai Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan menegaskan bahwa pihaknya hanya mendukung Bahlil tanpa ada kandidat lain.

Halaman
x|close