Naskah Kuno "Serat Widyatama" Diserahkan ke Pemprov DKI

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Agu 2024, 02:10
Tim Redaksi
Penulis & Editor
Bagikan
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Provinsi DKI Jakarta menerima naskah kuno berjudul Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Provinsi DKI Jakarta menerima naskah kuno berjudul (ANTARA/HO-Pemprov DKI Jakarta)

Ntvnews.id, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima naskah kuno berjudul "Serat Widyatama" dari Tim Tenaga Ahli Filologi yang dipimpin Rias Antho Rahmi S.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Provinsi DKI Jakarta Firmansyah dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan serah terima ini sebagai bentuk pengembangan koleksi etnis nusantara.

Baca Juga: Geger Turis Asing Coret-coret Rumah Peninggalan Bersejarah

Hal ini juga menjadi bagian dari pelaksanaan amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014.

Firmansyah mengatakan penyerahan naskah kuno ini perlu menjadi bagian dari program berkelanjutan agar generasi sekarang dan mendatang dapat menikmati hasil karya para pendahulu dan terinspirasi untuk terus menulis.

Dia berharap. penyerahan naskah kuno ini dapat memicu semangat bagi generasi penerus untuk menggali dan melestarikan warisan budaya yang ada serta menginspirasi mereka untuk terus berkarya demi masa depan bangsa.

Dia menekankan pentingnya sinergi dalam upaya pelestarian naskah kuno, yang tidak hanya mengandung nilai sejarah yang tinggi tetapi juga mencerminkan peradaban bangsa yang telah ada sejak lama.

Ia menyampaikan, perkembangan suatu naskah, sejak awal penciptaannya selalu melibatkan media tertentu, seperti kertas. Media tersebut dapat mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu sehingga diperlukan upaya perlindungan dan konservasi yang efektif.

Halaman

TERKINI

Soal Peluang Dirinya di Kabinet Prabowo, Ini Respons Basuki

Politik Kamis, 19 Sep 2024 | 05:40 WIB

Pecahan Negara Soviet Ini Sahkan RUU Anti-LGBT

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 04:50 WIB

Memanas! AS Gempur Suriah Gegara Hal Ini

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 04:35 WIB

Gila! Seorang Suami Bius Istri untuk Diperkosa Massal

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 03:55 WIB

2 Orang Tewas Setelah Bom Meledak di Pangkalan Militer

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 01:27 WIB
Load More
x|close