Geger! Detik-detik Pendaki Gunung Dukono Berlari Saat Kawah Tiba-tiba Erupsi

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Agu 2024, 00:10
Alber Laia
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Belasan pendaki Gunung Dukono menyusuri jalur turun saat asap tebal dan abu vulkanik mulai mengepul dari kawah. Belasan pendaki Gunung Dukono menyusuri jalur turun saat asap tebal dan abu vulkanik mulai mengepul dari kawah. (Tangkapan layar Tiktok)

Ntvnews.id, Jakarta - Pada Sabtu, 17 Agustus 2024, momen perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI berubah menjadi detik-detik mencekam bagi belasan pendaki Gunung Dukono di Halmahera Utara, Maluku Utara.

Baca Juga:

Marselino Ferdinan Resmi Gabung Oxford United Milik Ketum PSSI Erick Thohir

Maju Pilgub Jakarta, Ridwan Kamil: Kami Akan Bekerja Keras

Tanpa diduga, gunung api yang terkenal aktif ini mendadak mengalami erupsi hebat. Momen dramatis ini terekam oleh kamera drone salah satu pendaki dan menjadi viral setelah diunggah ke media sosial oleh akun @AnakEsa.

Dalam video yang beredar, terlihat bagaimana para pendaki yang sedang berada di puncak gunung mendadak panik dan berlarian menyusuri jalur turun saat asap tebal dan abu vulkanik mulai mengepul dari kawah.

@anak_esa4 ??Stop Summit ke kawah Dukono! Detik-detik pendaki hampir dihantam material erupsi ketika summit ke puncak Dukono pas moment 17 Agustus. Ngeriii, aktivitas Dukono lagi tinggi hingga muntahan materialnya terlempar keluar dari kawahnya. Sebelum summit, mari kita observasi dahulu. Arah angin, seberapa kuat erupsinya, serta pertimbangan lainnya. Jangan memaksakan untuk summit ketika situasi tidak memungkinkan. Jangan lupa, puncak adalah bonus. Pulang ke rumah dengan selamat adalah tujuan sebenarnya dari pendakian! #anak_esa #pesonaindonesia #malukuutara #dukonomountain #eruption #volcanoeruption ? original sound - anak_esa

Erupsi yang terjadi secara tiba-tiba ini mengejutkan banyak pihak, mengingat pendakian tersebut berlangsung tanpa adanya koordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Dukono.

Halaman
x|close