Prasasti Berusia RIbuan Tahun Terpecahkan, Isinya Bikin Ngeri!

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Agu 2024, 05:45
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi Prasti Ilustrasi Prasti (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Para peneliti berhasil mengungkap misteri prasasti kuno peninggalan Babilonia yang berusia 4.000 tahun. Pesan-pesan yang terkandung di dalamnya cukup mengerikan, berisi ramalan tentang kematian, bencana, dan kegelapan.

Dilansir dari Live Science, Selasa, 20 Agustsus 2024, empat prasasti tanah liat yang sangat tua ini, diukir dengan aksara paku, memprediksi kematian raja-raja dan runtuhnya peradaban, menurut studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Cuneiform Studies.

Artefak kuno ini ditemukan lebih dari 100 tahun yang lalu di Irak dan kini menjadi bagian dari koleksi British Museum. Namun, baru sekarang prasasti tersebut berhasil diterjemahkan ke dalam bahasa modern.

Baca Juga: Ngeri, Kecelakaan Bus Tewaskan 14 Orang dan 18 Lainnya Terluka

Dalam laporan yang disusun oleh Andrew George dan Junko Taniguchi, mereka menyatakan bahwa prasasti ini merupakan contoh tertua dari kumpulan ramalan gerhana bulan yang pernah ditemukan.

Penelitian menunjukkan bahwa orang Babilonia menganalisis gerhana berdasarkan waktu malam, pergerakan bayangan, durasi, dan tanggal, yang digunakan untuk memprediksi peristiwa yang akan datang.

Baca Juga: Ngeri! Pedangdut Ini Menikah dengan Aparat

Halaman
x|close