Saudi Tambah Fast Track Jemaah Haji RI, Menag Yaqut Ucapkan Terima Kasih

NTVNews - 12 Mei 2024, 11:03
Moh. Rizky
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (tengah). Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (tengah).

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Arab Saudi yang telah memberikan dan menambah layanan fast track bagi jemaah haji Indonesia. Apresiasi ini disampaikan Menag saat memberikan keterangan pers usai meninjau layanan fast track di Bandara Soekarno-Hatta, sekaligus melepas keberangkatan kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji Indonesia.

Fast track merupakan fasilitas preclearance atau pemeriksaan dokumen jemaah haji oleh keimigrasian pemerintah Arab Saudi di Indonesia. Fast track awalnya hanya dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Mulai tahun ini, fast track juga dilakukan di Bandara Juanda, Surabaya, dan Adi Soemarmo, Surakarta. Layanan fast track dapat menghemat waktu jemaah setibanya di bandara tujuan, baik Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah maupun King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah. Sebab, proses pengecekan dokumen keimigrasian (pre departure clearance), seperti visa dan paspor, sudah dilakukan sejak di Bandara Soetta, Cengkareng, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Adi Soemarmo Surakarta.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas  <b>(dok. Kementrian Agama)</b> Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (dok. Kementrian Agama)

“Ini ikhtiar besama pemerintah Indonesia dan pemerintah Arab Saudi dalam memudahkan jemaah. Atas nama pemerintah Indonesia, saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Arab Saudi yang telah memberikan fasilitas fast track tambahan, selain di Jakarta, juga ada di Solo dan Surabaya,” ujar Gus Men, sapaan Yaqut Cholil Qoumas, di Cengkareng, Minggu (12/5/2024).

Hadir dalam kesempatan itu, perwakilan kementerian/lembaga terkait, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tb Ace Hasan Syadzili, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Faisal Abdullah Al Amudi, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief bersama sejumlah pejabat eselon I dan II lainnya, Kepala BPKH Fadlul Imamsyah, serta para Staf Ahli, Staf Khusus, dan Tenaga Ahli Menag. Hadir juga Direktur Utama Garuda Indonesia, Iwan Setiaputra.

“Semoga ini memberikan kemudahan, kebaikan, dan kelancaran bagi seluruh jemaah haji Indonesia,” harapnya.

Keberangkatan 393 jemaah kloter pertama embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 01) ini menandai dimulainya fase pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci. Proses pemberangkatan ini akan berlangsung dari 12 Mei hingga 10 Juni 2024.

Halaman
x|close