Ini 5 Menteri PDIP di Kabinet Indonesia Maju yang Dipimpin Jokowi, Siapa Saja?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Agu 2024, 09:14
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Antara) Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi memberhentikan Yasonna Laoly dari posisinya sebagai Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) setelah melantik penggantinya, Supratman Andi Agtas, pada Senin, 19 Agustus 2024. Supratman Andi Agtas diketahui sebagai politisi dari Partai Gerindra.

Dengan diberhentikannya Yasonna Laoly dari kabinet, jumlah menteri yang berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di kabinet Jokowi berkurang. Saat ini, hanya ada lima menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin yang mewakili PDIP, yaitu:

  1. Menteri Sosial Tri Rismaharini

Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Antara) Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Antara)

Tri Rismaharini atau Risma menjabat Menteri Sosial sejak 23 Desember 2020, menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus korupsi dana bansos COVID-19. Sebelum itu, Risma terkenal sebagai Wali Kota Surabaya yang sukses menata kota menjadi lebih baik dan meraih berbagai penghargaan.

  1. Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati

Menteri PPPA Bintang Puspayoga <b>(Instagram)</b> Menteri PPPA Bintang Puspayoga (Instagram)

I Gusti Ayu Bintang Darmawati, atau Bintang Puspayoga, adalah kader PDIP asal Bali yang menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) sejak 2019. Ia juga aktif di berbagai organisasi dan memiliki hobi bermain tenis meja.

  1. MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas. ANTARA/HO-Humas Kementerian PANRB  <b>(ANTARA/HO-Humas Kementerian PANRB)</b> Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas. ANTARA/HO-Humas Kementerian PANRB (ANTARA/HO-Humas Kementerian PANRB)

Halaman
x|close