Hari Ini DPR Bahas Revisi UU Pilkada, Mau Lawan Putusan MK?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 21 Agu 2024, 07:07
Moh. Rizky
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Gedung DPR Gedung DPR (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Hari ini DPR RI rapat bersama pemerintah membahas revisi Undang-Undang (UU) Pilkada. Rapat digelar usai Mahkamah Konstitusi (MK) membuat dua putusan terkait UU tersebut. Salah satu isi putusan MK ialah memperbolehkan partai politik yang tak memiliki kursi DPRD, mengajukan calon kepala daerah.

Menurut Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Achmad Baidowi (Awiek), salah satu materi bahasan dalam rapat hari ini terkait putusan MK soal pencalonan gubernur dan wakil gubernur.

"Betul, insyaallah (pukul 10.00 WIB)," ujar Awiek, Selasa (20/8/2024). Awiek menjawab pertanyaan apa agenda rapat Baleg bersama pemerintah dan DPR.

Awiek menjelaskan RUU Pilkada merupakan usulan DPR. Pemerintah sudah menjawab usulan revisi itu, tapi pembahasan sempat terhenti karena adanya putusan MK.

"Pertama RUU Pilkada itu kan dulu merupakan usul inisiatif DPR, dan sudah dikirim ke pemerintah belum terbit surpresnya, kemudian ada surpres pemerintah menjawab terhadap usulan DPR. Dan saat yang bersamaan ada putusan MK, sehingga semuanya diakomodir yang terpenting bagaimana mengakomodir keputusan Mahkamah Konstitusi," tuturnya.

Awiek menyebut dalam rapat besok akan dibahas terkait putusan MK mengenai syarat pencalonan gubernur dan wakil gubernur.

"Nanti kita bicarakan, kalau kemarin kan waktu RUU ini diusulkan memajukan jadwal pilkada kemudian itu tidak berlanjut karena ada gugatan yang ditolak oleh MK sehingga jadwalnya tetap 27 November, nah saat yang bersamaan tadi ada putusan MK terkait UU Pilkada Pasal 40 itu, itu yang kemudian menjadi muatan materi dalam pembahasan besok," jelas dia.

Halaman

TERKINI

Soal Peluang Dirinya di Kabinet Prabowo, Ini Respons Basuki

Politik Kamis, 19 Sep 2024 | 05:40 WIB

Pecahan Negara Soviet Ini Sahkan RUU Anti-LGBT

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 04:50 WIB

Memanas! AS Gempur Suriah Gegara Hal Ini

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 04:35 WIB

Gila! Seorang Suami Bius Istri untuk Diperkosa Massal

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 03:55 WIB

2 Orang Tewas Setelah Bom Meledak di Pangkalan Militer

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 01:27 WIB
Load More
x|close