2 Wartawan Ditangkap Diduga Menghasut Pendemo

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Agu 2024, 11:46
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ilustrasi Penjara Ilustrasi Penjara

Ntvnews.id, Dhaka - Sepasang suami istri yang bekerja sebagai wartawan ditangkap setelah dituduh menghasut kekerasan dalam aksi demonstrasi yang bertujuan menggulingkan Perdana Menteri Sheikh Hasina di Bangladesh. Pasangan ini dikatakan sebagai pendukung pemerintahan Sheikh Hasina.

Dilansir dari AP, Jumat, 23 Agutsus 2024, Shakil Ahmed dan Farzana Rupa ditangkap di bandara Dhaka saat mereka sedang menunggu penerbangan menuju Turki pada Kamis, 22 Agustus 2024 waktu setempat.

Keduanya, yang merupakan penyiar di stasiun televisi swasta Bangladesh, Ekattor TV, langsung ditahan dengan tuduhan menghasut kekerasan dalam demonstrasi yang dipimpin oleh mahasiswa.

Baca Juga: JPU Tuntut Mantan Gubernur Maluku Utara 9 Tahun Penjara dalam Kasus Korupsi

Mereka didakwa "menghasut kekerasan," sebagaimana diungkapkan dalam permohonan penahanan yang dibacakan di pengadilan. Kasus ini diproses setelah salah satu kerabat dari pengunjuk rasa yang tewas dalam aksi tersebut melaporkan mereka.

Pengacara penuntut menuduh pasangan ini "secara terang-terangan mendukung" pemerintahan Hasina dan partai Liga Awami. Mereka juga dituduh memanfaatkan posisi mereka untuk menyerukan kekerasan.

"Mereka menghasut dan mendukung tindakan kekerasan yang dilakukan oleh pemerintah," ujar pengacara Omar Faruque Faruqui.

Halaman
x|close