Setelah Rusia, Gunung di Negara Ini Erupsi Hingga Ganggu Penerbangan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Agu 2024, 11:57
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Gunung Merapi di Sumbar Kembali Erupsi Gunung Merapi di Sumbar Kembali Erupsi (ANTARA)

Ntvnews.id, Welington - Gunung berapi White Island di Selandia Baru mengalami erupsi yang menyebabkan sejumlah penerbangan dibatalkan akibat abu vulkanik yang tersebar. Para ilmuwan pemerintah memperingatkan bahwa erupsi ini bisa berlangsung selama "minggu hingga bulan" ke depan.

Dilansir dari AP, Jumat, 23Agutsus 2024, White Island adalah gunung berapi terkenal yang letusannya pada tahun 2019 mengakibatkan kematian setidaknya 22 orang. Meski berstatus sebagai gunung berapi aktif, White Island tetap menjadi tujuan wisata populer.

Gunung ini berada sekitar 50 kilometer dari North Island dan 200 kilometer dari Auckland, kota terbesar di Selandia Baru.

Baca Juga: Gunung Merapi di Sumbar Kembali Erupsi

Maskapai nasional, Air New Zealand, telah membatalkan sedikitnya 10 penerbangan karena abu vulkanik menyebar di jalur penerbangan menuju sejumlah bandara domestik di Selandia Baru.

Menurut laporan dari GNS Science dalam buletin pemantauan, citra satelit terbaru menunjukkan adanya "aktivitas erupsi kecil" yang dimulai sejak awal bulan ini.

Diperkirakan erupsi ini merupakan bagian dari "siklus erupsi biasa" yang terjadi di White Island, yang dikenal dengan nama Whakaari oleh suku Maori.

Halaman
x|close