Ini Respons Golkar Setelah Airin Diusung PDIP Maju Pilkada Banten

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 26 Agu 2024, 15:22
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Airin Rachmi dan Ade Sumardi Airin Rachmi dan Ade Sumardi (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Politikus Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia merespons dan mengusulkan agar Dewan Pengurus Pusat Partai Golkar tidak memberikan sanksi kepada kadernya, Airin Rachmi Diany, yang dicalonkan oleh PDI Perjuangan untuk maju dalam Pilkada Banten, meskipun Golkar telah mendukung pasangan Andra Soni dan Achmad Dimyati.

Menurutnya, meskipun tindakan Airin berbeda dengan keputusan partai, ia tetap memiliki hak untuk berpartisipasi dalam pilkada sebagai warga negara, karena hak tersebut dijamin oleh konstitusi dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh KPU.

"Kita memberikan, menghargai juga sikap politik Bu Airin yang memang secara syarat, secara kompetensi, memenuhi untuk bisa mencalonkan di Banten gitu," kata Doli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Baca Juga: Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi Resmi Diusung PDIP Maju Pilgub Banteng, Siap Tumbangkan KIM

Selain itu, ia menyebutkan bahwa atribut yang berkaitan dengan Partai Golkar tetap akan diberikan kepada pasangan yang didukung secara resmi, yaitu Andra Soni dan Dimyati. Oleh karena itu, Airin tidak bisa menggunakan atribut Partai Golkar, meskipun dia masih mengaku sebagai kader partai tersebut.

"Selama Bu Airin itu bisa berkomunikasi dengan teman-teman DPP Partai Golkar, atau teman-teman Golkar di Banten, sampai ke kabupaten/kota, tentu kita ya memberikan selamat gitu ya, memberikan keleluasaan, itu hak pribadinya Bu Airin," katanya.

Saat ini, Doli belum mengetahui status Airin sebagai anggota partai karena DPP Partai Golkar belum mengeluarkan surat penugasan apapun untuk Airin.

Baca Juga: PDIP Merapat ke Golkar Dukung Airin Maju Pilkada Banten

Sebelumnya, calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany dan calon wakil gubernur Ade Sumardi menghadiri acara Pengumuman Bakal Calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Gelombang Tiga yang diselenggarakan oleh DPP PDIP di Jakarta pada Senin siang.

Menurut pengamatan, Airin dan Ade, yang diusung oleh PDIP, tiba bersama di Ruang Auditorium DPP PDIP pada pukul 12.56 WIB.

Airin mengenakan pakaian batik merah dan putih dengan kerudung putih yang serasi, sementara Ade mengenakan seragam khusus PDIP berwarna merah dengan lambang banteng di bagian kiri kemeja.

Halaman
x|close