Menilik Sejarah DPR RI yang Hari Ini Rayakan HUT ke-79

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 29 Agu 2024, 12:46
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Gedung DPR Gedung DPR (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Hari Ulang Tahun (HUT) DPR RI diperingati setiap tanggal 29 Agustus. DPR adalah lembaga yang mewakili rakyat dengan sejumlah tugas dan wewenang tertentu. Tahun ini menandai peringatan ke-79 DPR RI. Berikut adalah informasi mengenai HUT ke-79 DPR RI Tahun 2024.

Sejarah HUT DPR RI 29 Agustus

Menurut situs resmi DPR RI, pembentukan DPR RI dapat dibagi menjadi tiga periode utama: Volksraad, masa perjuangan kemerdekaan, dan pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP). Berikut adalah ringkasan penjelasannya:

Pada masa penjajahan Belanda, terdapat lembaga parlementer yang disebut Volksraad. Namun, setelah Belanda mengakhiri penjajahannya pada 8 Maret 1942, Volksraad tidak lagi diakui karena Jepang mengambil alih.

Baca Juga: HUT ke-79 DPR RI, Puan Sebut Parlemen Terbuka dengan Hal Ini

Dengan berakhirnya penjajahan Belanda dan masuknya Jepang, Volksraad tidak lagi berlaku, dan Indonesia memasuki periode perjuangan kemerdekaan.

Pada 19 Agustus 1945, sehari setelah Proklamasi Kemerdekaan, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, yang dikenal sebagai Undang-Undang Dasar 1945. Dengan demikian, penyelenggaraan negara mulai didasarkan pada ketentuan-ketentuan dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Halaman
x|close