Vladimir Putin Cabut Sergei Shoigu Sebagai Menteri Pertahanan Rusia

NTVNews - 13 Mei 2024, 15:39
Zaki Islami
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Sergey Shoygu Sergey Shoygu (Wikipedia)

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Rusia, Vladimir Putin secara resmi mencabut Sergei Shoigu sebagai menteri pertahanan dan digantikan oleh Andrei Belousov yang sebelumnya menjabat sebagai ahli bidang ekonomi.

Dilansir dari The Guardian, Senin 13 Mei 2024. Sergei Shoigu merupakan menteri ternama di masa jabatan Vladimir Putin, ia sudah menjadi Menteri Pertahanan sejak 2012 lalu.

Sebagai menteri pertahanan, Sergei Shoigu ditugas oleh Vladimir Putin untuk memodernisasi militer Rusia. Namun ia mendapatkan kritikan atas kemunduran militer Rusia setelah melakukan invasi ke Ukraina pada Februari 2022.

Presiden Rusia Vladimir Putin <b>(President of Rusia)</b> Presiden Rusia Vladimir Putin (President of Rusia)

Selain itu juga, Sergei Shoigu masih belum mampu memberantas tindakan korupsi yang berada di wilayah militer. Maka dari itu Vladimir Putin memutuskan untuk menggantikannya setelah serangkaian permasalahan belum bisa diatasi dengan baik oleh Sergei Shoigu.

Tepatnya pada bulan lalu, posisi Sergei Shoigu semakin melemah setelah orang kepercayaannya tautu Timur Ivano yang merupakan wakil Menteri Pertahanan Rusia terlibat dalam korupsi berskala besar.

Pencabutan Sergei Shoigu sebagai Menteri Pertahanan Rusia, sebagai bentuk langkah Vladimir Putin untuk menyelamatkan mukanya, seperti diketahui, ia akan dilantik kembali menjadi Presiden Rusia untuk periode selanjutnya, hal ini pun disampaikan oleh pengamat politik.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa Vladimir Putin memutuskan untuk menunjuk Andrei Belousov untuk memimpin kementerian pertahanan setelah pengeluaran perang Rusia meningkat pesat.

Halaman
x|close