Anies Gagal Nyagub Mulyono Disalahkan, Istana: Jangan Semua Nyalahin Presiden!

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 30 Agu 2024, 15:40
Moh. Rizky
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Presiden Jokowi saat mengenakan kemeja warna biru khas Prabowo-Gibran. (YouTube) Presiden Jokowi saat mengenakan kemeja warna biru khas Prabowo-Gibran. (YouTube)

Ntvnews.id, Jakarta - Anies Baswedan tak jadi maju di Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2024. Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono menyebut bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan orang yang bertanggung jawab di balik gagalnya Anies maju di Pilkada Jabar.

Pihak Istana membantah. Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan keputusan pencalonan seseorang di pilkada ialah ada di tangan partai politik. Partai politik, menurutnya berdaulat atas hal itu.

"Keputusan pencalonan atau tidak dicalonkannya seseorang diputuskan melalui mekanisme internal partai masing-masing. Setiap partai memiliki kedaulatan untuk memutuskannya," kata Ari kepada wartawan, Jumat (30/8/2024).

Istana lantas meminta tak semua persoalan khususnya terkait partai politik, Presiden jadi pihak yang senantiasa disalahkan. 

"Jangan sampai, semua problem putusan internal partai, selalu dikait-kaitkan dengan Presiden," kata dia.

Sebelumnya, Ono menyebut Jokowi sebagai biang kerok gagalnya Anies diusung PDIP di Pilgub Jabar. Awalnya, Ono menjelaskan pihaknya telah berkomunikasi dengan Anies guna menanyakan kesediaannya untuk maju di Pilgub Jabar sejak Rabu (28/8/2024).

"Dan mengerucut di sore hari," ujar Ono, dalam konferensi pers usai pendaftaran pasangan calon kepala daerah Jabar pengganti Anies di KPUD Jabar pada dini hari tadi.

Halaman
x|close