Soal Perundungan di Lingkup PPDS, DPR Sebut Butuh Penanganan Ini

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Sep 2024, 12:11
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Gedung DPR Gedung DPR (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena menyatakan bahwa penanganan perundungan dalam program pendidikan dokter spesialis (PPDS) memerlukan pendekatan yang menyeluruh.

"Strategi yang penting adalah bagaimana mencari penyelesaian komprehensif dan menyeluruh untuk mencegah agar perundungan tidak lagi terjadi, mulai dari sekolahnya di kampus, kemudian di tempat kerjanya, rumah sakit (RS), baik itu RS pemerintah di pusat atau di suasana yang lain," kata Melki di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Ia menekankan bahwa orang tua harus memainkan peran kunci dalam mencegah perundungan dalam PPDS, termasuk dengan berani melaporkan kejadian tersebut ke saluran pengaduan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) jika anak mereka mengalami perundungan.

Baca Juga: Megawati Bela Pendemo: Cuma Rubuhin Gedung DPR Pagar Aja Ditangkap Polisi!

"Ini kok orang tua juga menurut saya kenapa tidak memberitahu. Jadi maksudnya semua ekosistem dalam peristiwa ini masih harus berbenah dan kita cari penyelesaian yang lebih jangka panjang agar permasalahan ini semua bisa beres," ujar dia.

Melkiades menegaskan, perlu ada efek jera pada semua pelaku perundungan.

"Perlu ditindak tegas dan diproses hukum dengan setegas-tegasnya," ucapnya.

Kemudian, Ia juga menekankan perlunya menciptakan lingkungan yang sehat dalam program PPDS agar mahasiswa kedokteran dapat belajar dengan optimal. Menurutnya, dosen-dosen senior harus memastikan untuk tidak mengabaikan kasus perundungan jika memang terbukti terjadi.

Baca Juga: Polisi Bantah Kirim Pesan Ancaman ke Andovi dan Panji Agar Tak Demo di Depan Gedung DPR

"Kita punya pengalaman di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) atau sekolah kedinasan yang lain, ada kekerasan atau bullying semacamnya dan itu bisa beres," tuturnya.

"Mungkin ada pembiaran selama ini, juga dari pihak kampus, kemudian dokter-dokter PPDS itu sendiri anak-anak muda ini, sehingga sekali lagi saya tekankan pentingnya penanganan komprehensif," Sambungnya.

Halaman

TERKINI

Soal Peluang Dirinya di Kabinet Prabowo, Ini Respons Basuki

Politik Kamis, 19 Sep 2024 | 05:40 WIB

Pecahan Negara Soviet Ini Sahkan RUU Anti-LGBT

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 04:50 WIB

Memanas! AS Gempur Suriah Gegara Hal Ini

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 04:35 WIB

Gila! Seorang Suami Bius Istri untuk Diperkosa Massal

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 03:55 WIB

2 Orang Tewas Setelah Bom Meledak di Pangkalan Militer

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 01:27 WIB
Load More
x|close