Daftar Hakim yang Pimpin Sidang PK 6 Terdakwa Kasus Vina, Sempat Minta Sidang Ditutup

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Sep 2024, 13:07
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Hakim PK Kasus Vina Arie Ferdian Hakim PK Kasus Vina Arie Ferdian (pn-kotacirebon.go.id)

Ntvnews.id, Jakarta - Sidang pertama Peninjauan Kembali (PK) terhadap enam terdakwa kasus Vina Cirebon di Pengadilan Negeri (PN) Cirebon pada hari Rabu (4/9/2024) mendadak dihentikan.

Majelis hakim yang dipimpin oleh Arie Ferdian memutuskan untuk menangguhkan sementara sidang setelah meminta agar proses yang sudah dimulai di hadapan terdakwa Rivaldy Aditiya Wardhana dilakukan secara tertutup.

Keputusan tersebut langsung menimbulkan protes dari tim kuasa hukum para terdakwa yang hadir di ruang sidang. Salah satu anggota tim kuasa hukum dari Peradi, Jutek Bongso, mengungkapkan ketidaksetujuannya dengan tegas.

Mantan terpidana kasus Vina,  Saka Tatal dalam Dialog NTV Prime di NusantaraTV/tangkapan layar NTV Mantan terpidana kasus Vina, Saka Tatal dalam Dialog NTV Prime di NusantaraTV/tangkapan layar NTV

Majelis hakim beralasan bahwa sidang harus dilangsungkan secara tertutup karena kasus tersebut dianggap mengandung unsur asusila. Namun, Jutek membantah alasan tersebut, menegaskan bahwa dakwaan terhadap kliennya hanya mencantumkan pasal 340 tentang pembunuhan berencana dan tidak ada unsur asusila.

"Kami akan menggunakan jalur lain jika sidang tetap dilakukan secara tertutup. Banyak hal yang harus dibicarakan untuk langkah-langkah selanjutnya. Kami tegas bahwa sidang PK ini harus terbuka, jika tertutup kami tidak akan melanjutkan," tegasnya.

Sidang PK dimulai sekitar pukul 09.30 WIB dengan Arie Ferdian sebagai ketua majelis hakim, didampingi oleh dua hakim anggota, Rizqa Yunia dan Galuh Rahma Esti.

Halaman

TERKINI

Soal Peluang Dirinya di Kabinet Prabowo, Ini Respons Basuki

Politik Kamis, 19 Sep 2024 | 05:40 WIB

Pecahan Negara Soviet Ini Sahkan RUU Anti-LGBT

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 04:50 WIB

Memanas! AS Gempur Suriah Gegara Hal Ini

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 04:35 WIB

Gila! Seorang Suami Bius Istri untuk Diperkosa Massal

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 03:55 WIB

2 Orang Tewas Setelah Bom Meledak di Pangkalan Militer

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 01:27 WIB
Load More
x|close