Soal Adzan Maghrib Jadi Teks Berjalan Saat Misa Akbar, Ini Tanggapan DPR

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Sep 2024, 18:00
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Gedung DPR Gedung DPR (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily, mengimbau agar masyarakat tidak memperdebatkan usulan menampilkan azan sebagai teks berjalan di televisi selama penayangan Misa Akbar yang dihadiri oleh Paus Fransiskus. Menurutnya, usulan ini perlu dipahami sebagai upaya untuk menjaga toleransi antarumat beragama.

Dia menjelaskan bahwa imbauan dari Kementerian Agama tersebut dikeluarkan untuk menunjukkan penghormatan Indonesia terhadap Misa Akbar. Ace juga menambahkan bahwa waktu pelaksanaan Misa Akbar tersebut kebetulan bersamaan dengan waktu azan yang biasanya ditayangkan di televisi.

"Jadi, azan saya kira tetap harus langsung di masjid-masjid," kata Ace di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 4 September 2024.

Baca Juga: Eks Menag Lukman Hakim Saifuddin Bicara Soal Adzan Menjadi Running Text Saat Misa Paus

Dia berpendapat bahwa jika azan di televisi ditampilkan sebagai teks berjalan, hal itu tidak akan mempengaruhi pemahaman masyarakat Muslim mengenai waktu ibadah mereka. Ia juga menyadari bahwa kedatangan Paus Fransiskus merupakan momen yang sangat berarti bagi umat Katolik di Indonesia.

"Harus saya sampaikan bahwa kita patut bersyukur atas kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. Dan ini momen yang sangat langka," kata legislator yang membidangi urusan agama tersebut.

Kementerian Agama (Kemenag) RI telah mengeluarkan imbauan agar stasiun televisi menampilkan azan magrib sebagai teks berjalan selama siaran langsung ibadah misa yang dipimpin oleh Paus Fransiskus di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Kamis, 5 September 2024 mendatang.

Halaman

TERKINI

Soal Peluang Dirinya di Kabinet Prabowo, Ini Respons Basuki

Politik Kamis, 19 Sep 2024 | 05:40 WIB

Pecahan Negara Soviet Ini Sahkan RUU Anti-LGBT

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 04:50 WIB

Memanas! AS Gempur Suriah Gegara Hal Ini

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 04:35 WIB

Gila! Seorang Suami Bius Istri untuk Diperkosa Massal

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 03:55 WIB

2 Orang Tewas Setelah Bom Meledak di Pangkalan Militer

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 01:27 WIB
Load More
x|close