Jatman DK Jakarta Kutuk Pihak yang Hilangkan Siaran Azan Maghrib di TV: Hormati Hukum Indonesia!

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 5 Sep 2024, 13:51
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Muhdir Idaroh Wustho Jamiyyah Ahlith Thariqah al Mutabarah an Nadliyyah (JATMAN) DK Jakarta, Irawan Santoso Shiddiq Muhdir Idaroh Wustho Jamiyyah Ahlith Thariqah al Mutabarah an Nadliyyah (JATMAN) DK Jakarta, Irawan Santoso Shiddiq (Dok. Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia menuai kontroversi karena adanya surat edaran dari Kemenag RI untuk menghilangkan azan Magrib di televisi. Azan Magrib yang setiap hari ditayangkan, kemudian akan diubah menjadi sekelas ‘running text.’

Menyikapi hal itu Muhdir Idaroh Wustho Jamiyyah Ahlith Thariqah al Mutabarah an Nadliyyah (JATMAN) DK Jakarta, Irawan Santoso Shiddiq, SH mengutuk keras edaran dimaksud. “Azan Magrib ditayangkan di televisi itu sudah menjadi the living law, jangan diubah hanya tamu yang datang, justru tamu yang harus hormati dan hargai hukum yang hidup di Indonesia,” tegasnya.

Sikap Kemenag, sambungnya, sangat diluar konteks bernegara. “Siapapun yang hadir ke Indonesia, harus menghormati dan menghargai tradisi dan hukum yang berlaku di Indonesia, jangan dibalik,” paparnya.

Surat Edaran Azan Maghrib Saat Misa Paus Fransiskus di GBK <b>(Dok. Istimewa)</b> Surat Edaran Azan Maghrib Saat Misa Paus Fransiskus di GBK (Dok. Istimewa)

Sikap toleransi, ujar Irawan yang juga berprofesi sebagai advokat di Jakarta itu, bukanlah harus menghapus ibadah pihak lain. “Toleransi itu dinilai dengan menghargai ibadah umat Islam sebagai umat mayoritas, jangan umat Islam terus diminta mengalah, itu namanya kebablasan.”

Selain itu, menurut Irawan, tidak ada korelasi hukum pelaksanaan Misa di Gelora Bung Karno dengan Azan Magrib di televisi. “Jika itu dilakukan, kami akan melakukan langkah hukum meminta pertanggungjawaban baik melalui hukum positif maupun syariat. Bahkan sampai Yaumil Akhir pun akan kami tuntut!” tegasnya lagi.

Muhdir Idaroh Wustho Jamiyyah Ahlith Thariqah al Mutabarah an Nadliyyah (JATMAN) DK Jakarta, Irawan Santoso Shiddiq <b>(Dok. Istimewa)</b> Muhdir Idaroh Wustho Jamiyyah Ahlith Thariqah al Mutabarah an Nadliyyah (JATMAN) DK Jakarta, Irawan Santoso Shiddiq (Dok. Istimewa)

Kedatangan Paus Fransiskus, tambahnya, hanya melaksanakan kunjungan kenegaraan dan melakukan ibadah. “Jadi jangan dimaknai ibadah agama lain harus diganggu dengan menghilangkan tradisi Azan Magrib di TV, itu jelas salah kaprah,” katanya.

Jadi, ujarnya lagi, Azan Magrib di televise nasional harus tetap ditayangkan walau siapapun yang datang ke Indonesia. “Sampai Nabi Isa Allaihisallam turun ke bumi lagi, Azan Magrib itu harus tetap ditayangkan,” tambahnya.

Halaman

TERKINI

Soal Peluang Dirinya di Kabinet Prabowo, Ini Respons Basuki

Politik Kamis, 19 Sep 2024 | 05:40 WIB

Pecahan Negara Soviet Ini Sahkan RUU Anti-LGBT

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 04:50 WIB

Memanas! AS Gempur Suriah Gegara Hal Ini

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 04:35 WIB

Gila! Seorang Suami Bius Istri untuk Diperkosa Massal

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 03:55 WIB

2 Orang Tewas Setelah Bom Meledak di Pangkalan Militer

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 01:27 WIB
Load More
x|close