Geger Tersangka Pemerkosaan Lolos dari Hukuman Mengerikan Ini

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 6 Sep 2024, 06:30
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ilustrasi pemerkosaan Ilustrasi pemerkosaan (Freepik/ rawpixel.com)

Ntvnews.id, New Delhi - Setelah beberapa minggu diwarnai protes terkait keadilan atas kasus pemerkosaan dan pembunuhan seorang dokter yang tragis, Benggala Barat mengesahkan undang-undang pada hari Selasa, 3 September 20924 yang dapat menetapkan hukuman mati bagi pelaku pemerkosaan.

Dilansir India Today, Jumat, 6 September 2024, Protes meluas di Benggala Barat setelah penemuan jasad seorang dokter berusia 31 tahun dalam kondisi mengerikan di sebuah rumah sakit pemerintah di Kolkata, ibu kota negara bagian tersebut, pada 9 Agustus 2024. Kasus ini memicu kemarahan publik dan seruan untuk perubahan hukum yang lebih ketat.

Undang-undang baru ini telah disetujui oleh majelis negara bagian, tetapi masih memerlukan persetujuan presiden untuk menjadi hukum yang sah. Langkah ini dipandang sebagai upaya untuk melawan kekerasan sistematis terhadap perempuan di India.

Baca Juga: 7.000 Orang Serbu Rumah Sakit Tempat Praktek Dokter Perempuan di India yang Diperkosa hingga Tewas

Meskipun hukum pidana India diterapkan secara seragam di seluruh negara, persetujuan presiden bisa memberikan pengecualian, sehingga undang-undang ini bisa diterapkan khusus di Benggala Barat.

Undang-undang tersebut mengusulkan peningkatan hukuman pemerkosaan dari minimal 10 tahun penjara menjadi hukuman seumur hidup atau hukuman mati.

Kasus pembunuhan dokter ini tidak hanya memicu protes jalanan tetapi juga memicu pemogokan besar oleh petugas medis yang didukung oleh ribuan warga di seluruh negeri.

Halaman

TERKINI

Soal Peluang Dirinya di Kabinet Prabowo, Ini Respons Basuki

Politik Kamis, 19 Sep 2024 | 05:40 WIB

Pecahan Negara Soviet Ini Sahkan RUU Anti-LGBT

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 04:50 WIB

Memanas! AS Gempur Suriah Gegara Hal Ini

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 04:35 WIB

Gila! Seorang Suami Bius Istri untuk Diperkosa Massal

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 03:55 WIB

2 Orang Tewas Setelah Bom Meledak di Pangkalan Militer

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 01:27 WIB
Load More
x|close