John Alfred Tinniswood Dinobatkan Sebagai Pria Tertua di Dunia, Berusia 111 Tahun

NTVNews - 6 Apr 2024, 21:38
Adiantoro
Penulis & Editor
Bagikan
John Alfred Tinniswood Ddnobatkan sebagai pria tertua di dunia yang masih hidup. John Alfred Tinniswood Ddnobatkan sebagai pria tertua di dunia yang masih hidup.

NTVNews.id - Seorang penghuni panti jompo di Inggris berusia 111 tahun secara resmi dinobatkan sebagai pria tertua yang masih hidup di dunia oleh Guinness World Records (GWR).

GWR mengatakan pria bernama John Alfred Tinniswood dari Southport, Inggris itu, dianugerahi gelar tersebut setelah kematian Juan Vicente Pérez berusia 114 tahun asal Venezuela.

GWR mengonfirmasi mantan pria tertua kedua yang masih hidup asal Jepang berusia 112 tahun Gisaburo Sonobe, meninggal pada 31 Maret lalu.

Tinniswood, yang lahir pada 26 Agustus 1912, masih bisa bangun dari tempat tidur, mengatur keuangannya sendiri, dan mendengarkan radio setiap hari untuk mengikuti berita.

Dia mengaitkan umur panjangnya dengan faktor keberuntungan. "Anda bisa berumur panjang atau berumur pendek, dan Anda tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasinya," ujar Tinniswood kepada GWR, dilansir dari United Press International (UPI), Sabtu (6/4/2024).

Dia mengatakan dirinya tidak melakukan diet khusus apa pun, namun Tinniswood menganggap moderasi adalah kunci untuk tetap sehat.

"Jika Anda minum terlalu banyak atau makan terlalu banyak atau terlalu banyak berjalan, jika Anda melakukan terlalu banyak hal, pada akhirnya Anda akan menderita," imbuhnya.

Tinniswood memiliki satu putri, empat cucu, dan tiga cicit dari hasil pernikahannya.

Di sisi lain, warga Spanyol bernama Maria Branyas Morera, yang memegang gelar wanita tertua dan orang tertua yang masih hidup di dunia, merayakan ulang tahunnya yang ke 117 pada Maret lalu.

x|close