Suswono Mau Atasi Tawuran Bassura Pakai Pendekatan Spiritual

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 9 Sep 2024, 17:54
Moh. Rizky
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ridwan Kamil-Suswono Ridwan Kamil-Suswono (ANTARA)

Ntvnews.id, Jakarta - Bakal calon wakil gubernur Jakarta, Suswono mengaku memiliki solusi atas persoalan tawuran yang kerap terjadi di wilayah Bassura, Jakarta Timur. Menurut dia, persoalan tawuran ini disebabkan oleh permasalahan mental.

"Ya soal tawuran ini kan persoalan mental ya, spiritual gitu ya. Makanya nanti pendekatan kaitan dengan spiritual itu juga harus ditingkatkan. Karena problemnya itu kan, penghayatan kepada agama kan lemah kan pasti," ujar Suswono di Kampung Melayu, Jakarta Timur, Senin (9/9/2024).

Di samping perkara mental, kata dia faktor lingkungan juga turut mempengaruhi. Suswono mengaku akan melakukan kajian terhadap faktor-faktor yang dinilai mempengaruhi seringnya tawuran di wilayah tersebut.

"Atau mungkin karena ada faktor dampak-dampak lingkungan apa yang mempengaruhi yang bersangkutannya. Pada dasarnya orang secara istilahnya naluri itu kan orang pengen baik, pengen hidup tenang," papar dia.

"Pengen hidup nyaman bersama bersaudara gitu ya. Pada dasarnya kan itu. Kemudian aspek lingkungan ini yang kadang-kadang mempengaruhi itu. Nah faktor-faktor ini yang kita harus kaji. Banyak faktornya," imbuhnya.

Suswono memastikan akan turun langsung menangani persoalan ini. Ia percaya, dengan pendekatan yang dilakukan secara langsung bakal menimbulkan dampak pencegahan terhadap tawuran.

"Nah tentu nanti kasus-kasus tertentu pasti penyelesaiannya juga dengan, istilahnya dengan terapan-terapan tertentu. Jadi oleh karena itu salah satu yang insyaallah mudah-mudahan, saya termasuk yang ditugaskan untuk hal-hal yang menyangkut akses sosial seperti itu, ya tawuran dan sebagainya," papar Suswono.

Halaman
x|close