Lebih Dulu, Muhammadiyah Tetapkan Hari Raya Idul Adha Jatuh pada 17 Juni 2024

NTVNews - 14 Mei 2024, 15:19
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Sekretaris PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti Sekretaris PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti (Muhammadiyah)

Ntvnews.id, Jakarta - Tidak lama lagi umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Lebaran Idul Adha 2024. Setiap tahunnya, Idul Adha akan dirayakan pada 10 Dzulhijjah menurut kalender Hijriyah. Dengan begitu, tanggal Idul Adha akan berbeda setiap tanggalnya jika dikonversi ke Masehi. 

Di Indonesia sendiri penetapan Hari Raya Islam tersebut ditentukan oleh pemerintah maupun organisasi Islam, termasuk Muhammadiyah. Biasanya hari raya ini akan berbeda antara pemerintah dan Muhammadiyah karena metode penanggalan yang dipakai berbeda. 

Menariknya, Muhammadiyah sudah terlebih dahulu menetapkan hari raya tersebut karena tidak memakai pengamatan bulan seperti yang dilakukan pemerintah. Muhammadiyah telah menetapkan bahwa Idul Adha 2024 jatuh pada hari Senin, 17 Juni 2024. 

Sekretaris PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti <b>(Muhammadiyah)</b> Sekretaris PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti (Muhammadiyah)

Hal ini berdasarkan putusan dari Majelis Tarjih dan Tajdid ormas Islam terbesar kedua di Indonesia tersebut. Kabar tersebut diungkapkan secara langsung oleh sekretaris PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti dalam kanal YouTube resmi mereka. 

“Pimpinan pusat Muhammadiyah dengan ini mengumumkan Zulhijjah 1145 Hijriyah berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal, yang dipedomani ileh Majelis Tajrih dan Tajdid," kata Muhammad Sayuti di kanal YouTube Muhammadiyah yang dilansir Selasa, 14 Mei 2024. 

"Zulhijah, Idul Adha, Haji, menurut perhitungan Tarjih, hari Arafah atau 9 Zulhijah 1445 Hijriah jatuh pada hari Ahad Wage 16 Juni 2024. Oleh karena itu Idul Adha sehari setelahnya, 10 Zulhijah 1445 H jatuh pada Senin Kliwon 17 Juni," imbuh dia.

Halaman
x|close