Dinas SDA Sultra Buka Suara Terkait Gerbang Wisata Toronipa yang Kopong: Anggaran Sesuai Kontrak

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Sep 2024, 14:23
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Gerbang wisata yang menghubungkan Kota Kendari dengan kawasan Toronipa. Gerbang wisata yang menghubungkan Kota Kendari dengan kawasan Toronipa. (Tiktok)

Ntvnews.id, Kendari - Proyek pembangunan gerbang megah yang menjadi akses utama menuju Pantai Toronipa, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), kini menjadi sorotan setelah video berdurasi 1 menit viral di media sosial. 

Dalam video tersebut, terlihat tanda-tanda kerusakan pada gerbang yang baru saja diresmikan pada Februari 2024. Hal ini memicu kekhawatiran masyarakat tentang kualitas konstruksi dan pengawasan proyek yang menggunakan anggaran besar.

Keempat gerbang yang dibangun itu tampak seperti bangunan kokoh dengan isi beton. Namun, setelah perekam video mulai mendekat dan melihat kerusakan yang ada, ia merasa terkejut saat mulai merekam video ke arah dalam bangunan tersebut. 

https://www.instagram.com/reel/C_vIQClPlCb/?utm_source=ig_embed&ig_rid=0b92716b-257a-415e-8ac2-24de0253d230

Bagaimana tidak, gerbang yang dibangun menggunakan uang rakyat tersebut tampak kopong alias kosong yang hanya ditopang dengan menggunakan beberapa bilah baja. Hal ini tentu saja akan sangat berbahaya untuk para pengguna jalan. 

Gerbang ini dibangun dengan anggaran Rp33 miliar dan didesain menyerupai ikon terkenal di Kota London, Inggris, yaitu Tower Bridge. Proyek ini semula diharapkan menjadi daya tarik wisatawan menuju Pantai Toronipa dan memperkuat sektor pariwisata di wilayah Sultra.

Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Sultra, Pahri Yamsul, membenarkan bahwa anggaran yang telah disepakati untuk pembangunan gerbang tersebut mencapai Rp33 miliar. Menurutnya, pembangunan gerbang ini telah dilakukan sesuai dengan desain yang disepakati. 

Halaman

TERKINI

Soal Peluang Dirinya di Kabinet Prabowo, Ini Respons Basuki

Politik Kamis, 19 Sep 2024 | 05:40 WIB

Pecahan Negara Soviet Ini Sahkan RUU Anti-LGBT

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 04:50 WIB

Memanas! AS Gempur Suriah Gegara Hal Ini

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 04:35 WIB

Gila! Seorang Suami Bius Istri untuk Diperkosa Massal

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 03:55 WIB

2 Orang Tewas Setelah Bom Meledak di Pangkalan Militer

Luar Negeri Kamis, 19 Sep 2024 | 01:27 WIB
Load More
x|close