Usut Dugaan Penyelewengan Dana, Bareskrim Datangi Lokasi PON Aceh-Sumut

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 12 Sep 2024, 14:14
Moh. Rizky
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Venue PON Aceh-Sumut Venue PON Aceh-Sumut (TikTok)

Ntvnews.id, Jakarta - Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri turut mengusut dugaan penyelewengan dana dalam penyelenggaraan PON XXI di Aceh dan Sumatra Utara (Sumut). Petugas dari Dittipidkor bakal mendatangi lokasi PON guna melakukan penyelidikan.

Wadirtipikor Bareskrim Polri Kombes Arief Adiharsa menjelaskan, pengusutan dilakukan usai pihaknya menerima laporan adanya dugaan penyelewengan keuangan dalam penyelenggaraan event olahraga tersebut. Bareskrim pun memang tergabung dengan satuan tugas (Satgas) pendampingan kegiatan PON XXI.

"Koordinasi sudah dilakukan melalui satgas pendampingan giat PON XXI Aceh dan Sumut Mabes Polri," ujar Arief, Kamis (12/9/2024).

Penyidik dari Bareskrim ke lokasi penyelenggaraan PON di Sumut dan Aceh pada hari ini. Polri bergabung dengan tim dari Kejaksaan Agung dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). 

"Siang ini tim Mabes menuju lokasi PON XXI Aceh dan Sumut bergabung dengan tim pendampingan dari Kejagung dan BPKP," kata dia.

Sebelumnya, viral di media sosial video yang memperlihatkan jalanan berlumpur di sekitar venue GOR untuk cabang olahraga voli PON 2024 di Sumatra Utara (Sumut). Menyusul hal itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo membuat laporan ke Kejaksaan Agung dan Bareskrim Polri terkait dugaan penyelewengan dana.

"Tadi tim kami sudah koordinasi sesama Satgas. Kebetulan Kejaksaan Agung dan Bareskrim Polri menjadi Satgas pendampingan tata kelola penyelenggaraan PON dalam Keppres nomor 24 tahun 2024," ujar Dito, Rabu (11/9/2024).

Halaman
x|close