Ternyata Ini Alasan Jokowi Kumpulkan Pimpinan TNI-Polri di IKN

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 12 Sep 2024, 14:22
Moh. Rizky
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Presiden Jokowi saat mengumpulkan pimpinan TNI-Polri di IKN. (YouTube) Presiden Jokowi saat mengumpulkan pimpinan TNI-Polri di IKN. (YouTube)

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan pimpinan TNI-Polri di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Menurut Jokowi, mereka hendak melihat progres pembangunan IKN.

"Tiga minggu yang lalu, panglima TNI dan Kapolri menyampaikan kami ingin mengumpulkan pangdam, kapolda, damren, damdin dan kapolres dari seluruh tanah air. Saya sampaikan saya tanya 'Jakarta?', 'Nggak pak kalau bisa di IKN'. 'Kenapa harus di IKN?'. 'Karena anu pak banyak yang belum tahu IKN, hanya lihat di TV, Youtube, video, saya ingin melihat aslinya seperti apa'," kata Jokowi di Istana Negara, IKN, Kamis (12/9/2024).

Jokowi mengakui IKN belum sepenuhnya jadi. Butuh waktu puluhan agar IKN jadi ibu kota negara yang layak ditinggali.

"Mungkin bisa mamakan waktu 10, 15 bahkan 20 tahun, meski saya meyakini bapak presiden terpilih pernah menyampaikan ke saya 'akan saya percepat pak'," tutur Jokowi.

Di samping hendak mengajak pejabat TNI-Polri melihat lebih dekat IKN, Jokowi ingin semuanya melihat progres kota masa depan. Ia percaya pejabat TNI-Polri akan membawa pulang semangat transformasi ke daerah masing-masing.

Pimpinan TNI-Polri yang dikumpulkan Presiden Jokowi. (YouTube) Pimpinan TNI-Polri yang dikumpulkan Presiden Jokowi. (YouTube)

"Kenapa saya mengajak untuk pertemuannya di IKN, yang pertama memang saya ingin saudara-saudara semua melihat IKN, melihat progres kota masa depan itu seperti apa, melihat semangat transformasi itu seperti apa, agar apa? agar semangat transformasi itu bisa bapak ibu bawa pulang ke daerah, ke wilyah, untuk dikembangkan di daerah masing-masing," papar Jokowi.

"Baik karena di sini gedungnya harus green building, transportasinya harus transportasi hijau, pemakaian listrik juga dari energi hijau, itu lah masa depan dunia, dunia semua menuju semua ke sana, kita juga ingin menuju ke sana tapi mendahului dari yang lain," sambungnya.

Halaman
x|close