6 Ramalan Gus Dur yang Jadi Kenyataan, dari Jokowi Presiden hingga Ahok Gubernur

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 13 Sep 2024, 01:15
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dikenal dengan humornya yang mampu membuat banyak orang tertawa terbahak-bahak. Bahkan, beberapa pernyataan nyelenehnya sering kali menjadi kenyataan.

  1. Gus Dur Menjadi Presiden

Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur

Pada Muktamar ke-29 NU tahun 1994 di Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, hubungan Gus Dur dengan Soeharto sedang tidak harmonis akibat kritik yang dilontarkan Gus Dur terhadap rezim otoriter tersebut. Ketika Muktamar dibuka, Gus Dur tidak diizinkan duduk di samping Pak Harto.

Setelah acara pembukaan berakhir dan Soeharto beristirahat di Aula STAI Cipasung bersama Kiai Ilyas Ruchiyat, Gus Dur juga tidak diizinkan masuk, hanya boleh berdiri di halaman. Saat itu, para wartawan bertanya mengapa Gus Dur tak boleh dekat dengan presiden.

“Daripada sibuk ingin dekat-dekat presiden, lebih baik nanti jadi presiden saja,” ucap Gus Dur dengan percaya diri.

  1. Ucapan Gus Dur Soal Jokowi Jadi Presiden Terbukti

Presiden Jokowi saat mengumpulkan pimpinan TNI-Polri di IKN. (YouTube) Presiden Jokowi saat mengumpulkan pimpinan TNI-Polri di IKN. (YouTube)

Pada 8 Januari 2006, Gus Dur mengunjungi rumah dinas Wali Kota Solo. Ia bertemu dengan beberapa tokoh agama, termasuk tuan rumah Jokowi yang saat itu baru enam bulan menjabat sebagai wali kota. Dalam sambutannya, Gus Dur menyampaikan pandangannya.

"Siapapun yang dikehendaki rakyat, termasuk Pak Jokowi ini, jika menjadi wali kota yang baik, suatu saat juga bisa menjadi presiden," ujar Gus Dur.

Jokowi hanya merespons pernyataan itu dengan senyum, mungkin menganggapnya sebagai motivasi semangat. Namun, saat Jokowi benar-benar terpilih menjadi presiden pada 2014, banyak orang yang kembali mengingat momen tersebut.

Halaman
x|close