Survei Indikator Pilgub Jabar: Pasangan Calon Ini yang Paling Populer

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 13 Sep 2024, 09:32
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
PSI usung Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan di Pilgub Jabar PSI usung Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan di Pilgub Jabar (Ntvnews.id/Adiansyah)

Ntvnews.id, Jakarta - Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei elektabilitas calon pada Pilgub Jawa Barat 2024, yang menunjukkan pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan sebagai yang teratas.

Survei yang berlangsung dari 2-8 September 2024 melibatkan 1.200 responden dari seluruh Jawa Barat dan menggunakan wawancara tatap muka. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan margin of error ±2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

Dalam datanya, Indikator mengungkapkan bahwa Dedi-Erwan memperoleh elektabilitas tertinggi, sementara Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie meraih 10,98%. Pilgub Jabar 2024 diikuti oleh empat pasangan calon: Acep-Gitalis dari PKB, Syaikhu-Ilham dari PKS, NasDem, dan PBB, serta Jeje-Ronal dari PDI-Perjuangan. Dedi-Erwan dicalonkan oleh koalisi 13 partai, termasuk Golkar dan Gerindra.

Baca Juga: Aneh Tapi Nyata, Pohon Jati di Kuningan Jabar Tiba-tiba Mengeluarkan Api

Dalam simulasi dengan empat pasangan, Dedi Mulyadi-Erwan memperoleh 77,81%, diikuti oleh Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie dengan 10,98%. Pasangan Acep-Gitalis dan Jeje-Ronal masing-masing mendapatkan 2,24%. Responden yang tidak tahu atau tidak menjawab mencapai 6,73%.

Pada simulasi semi terbuka dengan delapan nama, Dedi Mulyadi tetap unggul dengan 74,0%. Ahmad Syaikhu memperoleh 10,2%, sedangkan Acep Adang dan Jeje masing-masing 1,0%. Nama lain seperti Ilham Habibie, Erwan, Ronal, dan Gitalis mendapatkan kurang dari 1%.

Dalam simulasi dengan empat nama, Dedi Mulyadi kembali memimpin dengan 77,3%. Ahmad Syaikhu meraih 10,8%, sementara Acep Adang dan Jeje Wiradinata masing-masing mendapatkan 2,2% dan 2,1%. Responden yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 7,7%.

Halaman
x|close