Pengakuan Dede Tak Baca BAP Sebelum Ditandatangani: Hanya Pura-pura, Tapi Sesungguhnya Tidak

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 13 Sep 2024, 16:00
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Dede Riswanto dalam Sidang PK Terpidana Kasus Vina Dede Riswanto dalam Sidang PK Terpidana Kasus Vina (YouTube)

Ntvnews.id, CirebonSidang Peninjauan Kembali (PK) yang melibatkan enam terpidana kasus pembunuhan Vina kembali digelar pada Jumat, 13 September 2024. Salah satu momen penting dalam persidangan kali ini adalah kesaksian dari Dede Riswanto, yang memberikan keterangan terkait pernyataan yang ia buat dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP). 

Dalam persidangan, kuasa hukum terpidana, Nicholay Aprilindo, mengajukan pertanyaan kritis kepada Dede terkait perbedaan antara apa yang ia katakan sebelumnya dengan yang tertulis dalam BAP. 

“Tadi Anda mengatakan bahwa Anda tidak tahu isi BAP, tapi sekarang Anda katakan bahwa penyidik berbicara anda mengerti yang mana yang benar,” ujar Nicholay, dilansir dari Nusantara TV.

Kuasa hukum enam terpidana kasus Vina, Jutek Bongso saat diwawancara jurnalis NusantaraTV dalam program LIVE Breaking News/tangkapan layar Kuasa hukum enam terpidana kasus Vina, Jutek Bongso saat diwawancara jurnalis NusantaraTV dalam program LIVE Breaking News/tangkapan layar

Dede menjelaskan bahwa meskipun ia ada di tempat kejadian dan ikut serta dalam pemeriksaan, ia tidak secara mendetail membaca BAP. 

“Pada saat itu di BAP, di BAP pak. Masuk ke dalam pak. Tapi tidak membaca (BAP). Iya (hanya pura-pura membaca tapi sesungguhnya tidak),” ungkap Dede saat diminta klarifikasi. 

Ia juga menambahkan bahwa dirinya hanya mengetahui beberapa aspek dari kejadian tersebut, seperti adanya sekelompok orang, pengejaran, dan pelemparan. 

Halaman
x|close