Retno Marsudi Ditunjuk Jadi Utusan Khusus PPB Untuk Isu Air, Mulai Bekerja 1 November

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 14 Sep 2024, 10:10
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan keterangan kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/8/2024). Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan keterangan kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/8/2024). (Dok.Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi ditunjuk Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres sebagai Utusan Khusus untuk isu air.

Adapun penunjukkan tersebut berlangsung pada Jumat (13/9/2024). Ini adalah baru pertama kali dilakukan.

"Merupakan kehormatan bagi saya dan Indonesia ditunjuk oleh Sekjen PBB sebagai Utusan Khusus Sekjen PBB untuk isu air," ucap Retno dalam pesan video yang di unggah di Instagram.

"Penunjukkan ini baru pertama kalinya dilakukan dan untuk pertama kalinya juga orang Indonesia mendapat kepercayaan menjadi Utusan Khusus Sekjen PBB,” lanjutnya.

Baca juga: Di Akhir Jabatan, Menlu Retno Sampaikan Hal Ini ke DPR

Baca juga: Menlu Retno Pamit ke Komisi I DPR: I Love You All

Retno akan menjalankan tugasnya sebagai Utusan Khusus tersebut pada 1 November mendatang.

Penunjukkan Retno disebut telah mendapatkan persetujuan Presiden Joko Widodo dan dukungan dari Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

"Walaupun mengumuman penunjukan dilakukan hari ini 13 September 2024, namun saya baru akan mulai bekerja pada 1 November 2024 setelah tanggung jawab saya sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia selesai," jelasnya.

Retno menegaskan pengalamannya sebagai diplomat selama 40 tahun dan Menlu RI selama 10 tahun akan ia gunakan semaksimal mungkin untuk menjalankan tugas sebagai Utusan Khusus untuk isu air.

“Bismillah, semoga saya dapat menjalankan tugas internasional ini dengan baik,” ungkap Retno.

Halaman
x|close