Daftar Negara-negara dengan Kementerian Paling Banyak di Dunia

NTVNews - 15 Mei 2024, 11:46
Alber Laia
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Pertemuan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat digelar di Gedung Putih, Washington DC Pertemuan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat digelar di Gedung Putih, Washington DC (Instagram/@jokowi)

Ntvnews.id, Jakarta - Dunia pemerintahan ternyata tak kalah rumit dari jalinan cerita detektif. Ada negara yang memilih struktur ramping, namun ada juga yang super sibuk dengan puluhan kementerian.

Di balik hiruk pikuk politik global, terdapat negara-negara yang memilih struktur pemerintahan dengan jumlah kementerian yang fantastis.

Berikut daftar negara dengan kementerian terbanyak di dunia:

India

Di peringkat pertama, ada raksasa Asia Selatan, India. Negeri Bollywood ini memegang rekor dengan 81 kementerian. Kompleksitas negara sebesar India dan penduduk nyaris 1,4 miliar jiwa, tentu jadi alasan di balik banyaknya kementerian.

Amerika Serikat

Selanjutnya, ada negara adidaya, Amerika Serikat. Meski tak sebanyak India, Amerika Serikat memiliki struktur pemerintahan yang cukup "gemuk" dengan 15 kabinet tingkat departemen ditambah 27 lembaga independen. Struktur federal Amerika Serikat dengan pembagian kekuasaan antara negara bagian dan pemerintah pusat turut mempengaruhi jumlah kementeriannya.

Vietnam

Beralih ke Asia Tenggara, Vietnam memiliki 16 kementerian ditambah 5 lembaga setingkat kementerian. Struktur pemerintahan Vietnam yang menganut sistem sosialis mungkin menjadi salah satu faktor banyaknya kementerian yang dimiliki.

China

Tak ketinggalan, China turut masuk dalam daftar ini. China memiliki 26 kementerian ditambah 5 lembaga setingkat kementerian. Populasi besar dan wilayah yang luas tentunya jadi tantangan tersendiri bagi China. Jumlah kementerian yang banyak mungkin dianggap perlu untuk menangani berbagai persoalan di negara ini.

Korea Selatan

Terakhir, ada negara yang tengah naik daun, Korea Selatan. Korea Selatan memiliki 18 kementerian ditambah 17 lembaga otonom. Struktur pemerintahan Korea Selatan yang modern dan fokus pada inovasi mungkin jadi alasan di balik banyaknya kementerian yang ada. Dengan jumlah tersebut, Korea Selatan dapat terus memacu kemajuan teknologinya.

x|close