Fakta Mengejutkan! Ternyata Ini Alasan Sebenarnya Kenapa Bumi Berbentuk Bulat

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 20 Sep 2024, 03:05
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi Bumi atau Dunia Ilustrasi Bumi atau Dunia (pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Bentuk bumi yang bulat telah menjadi fakta ilmiah yang diterima luas oleh para ilmuwan. Meskipun dalam sejarah pernah ada pandangan bahwa bumi datar, ilmu pengetahuan modern telah mengonfirmasi bahwa bumi berbentuk bulat atau lebih tepatnya elipsoid yang sedikit pepat di kutub dan lebih lebar di ekuator. Berikut beberapa alasan mengapa bentuk bumi bulat:

1. Hukum Gravitasi

Ilustrasi Gempa bumi. <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Gempa bumi. (Pixabay)

Isaac Newton, salah satu ilmuwan paling terkenal, menemukan bahwa gravitasi menarik semua objek ke pusat massa. Pada benda yang sangat besar seperti bumi, gravitasi bekerja secara merata ke segala arah, menarik massa bumi ke dalam dan membentuk struktur yang mendekati bentuk bulat. Ini terjadi karena gaya tarik yang terjadi secara konsisten dari segala arah akan membentuk sebuah bola, bentuk yang paling stabil dalam skala besar.

2. Bukti dari Pengamatan

Ilustrasi Bumi atau Dunia <b>(pixabay)</b> Ilustrasi Bumi atau Dunia (pixabay)

Sejak zaman kuno, pengamatan sederhana telah menunjukkan bahwa bumi berbentuk bulat. Misalnya, pelaut yang berlayar jauh akan melihat kapal-kapal yang muncul atau tenggelam secara bertahap dari cakrawala. Ini hanya bisa terjadi jika permukaan bumi melengkung. Selain itu, bayangan bumi pada bulan saat gerhana bulan selalu berbentuk bulat, yang merupakan bukti visual dari bentuk bumi.

3. Foto dari Luar Angkasa

Halaman
x|close