Seorang Lansia Berhasil Selamat Setelahh Terlilit Ular Piton 2 Jam, Kok Bisa?

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 22 Sep 2024, 10:39
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ilustrasi Ular Piton Ilustrasi Ular Piton (Pixabay)

Ntvnews.id, Bangkok - Sebuah insiden menakutkan terjadi di Thailand, di mana seorang nenek mengalami lilitan dan gigitan dari ular piton selama berjam-jam.

Dilansir dari CNN Internasional, Minggu, 22 September 2024 seorang wanita berusia 64 tahun bernama Arom diselamatkan oleh polisi setelah terjebak dalam lilitan ular piton selama lebih dari dua jam.

Ketika kejadian, Arom sedang mencuci piring di rumahnya di pinggiran ibu kota Thailand. Dia merasakan beberapa gigitan di kakinya, seperti yang disampaikan dalam video yang direkam oleh polisi yang mendapatkan momen serangan tersebut.

"Ular itu tiba-tiba melesat ke arah saya dan menggigit," ungkapnya.

Baca Juga: Menkes Jelaskan Pola Penularan Mpox, Mirip dengan HIV-AIDS

Ular piton tersebut kemudian melilit tubuhnya, membuatnya terjatuh. Menurut informasi dari polisi, Arom berusaha membebaskan diri dari lilitan ular itu selama dua jam tanpa berhasil.

Dia berteriak minta tolong, namun tidak ada yang mendengar. Akhirnya, salah satu tetangganya mendengar teriakannya dan meminta bantuan polisi.

"Kami sangat terkejut melihat wanita itu terjerat di lantai dengan ular piton yang melilitnya. Ular itu sangat besar," kata Sersan Mayor Polisi Anusorn Wongmalee dari Kantor Polisi Phra Samut Chedi di Samut Prakan, provinsi di selatan Bangkok.

Dalam rekaman yang dirilis polisi, Arom terlihat duduk di lantai sebuah ruangan kecil, terperangkap oleh cengkeraman ular piton yang melilit pinggangnya.

Tim penyelamat membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk membebaskannya, dan ia kemudian dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Setelah insiden tersebut, ular itu melarikan diri. "Kami tidak dapat menangkapnya," tambah polisi.

Baca Juga: Mengancam Jiwa, Terungkap 5 Penyakit Paling Mudah Menular, dari TBC hingga Cacar

Menurut Taman Nasional Thailand, area tersebut merupakan habitat bagi 250 spesies ular, termasuk tiga jenis piton: reticulated, Burma, dan Blood.

Meskipun tidak berbisa, ular piton membunuh dengan melilit tubuh mangsanya dan menekan untuk menghentikan aliran darah sebelum menelan seluruhnya.

Berdasarkan laporan dari kantor Keamanan Kesehatan Nasional Thailand, sekitar 12.000 orang dirawat akibat gigitan ular berbisa dan hewan melata tahun lalu, dengan 26 orang meninggal dunia akibat gigitan ular dalam periode tersebut.

Serangan terhadap Arom merupakan insiden kedua yang menarik perhatian dunia dalam beberapa minggu terakhir. Sebelumnya, seorang pria digigit ular piton saat duduk di kamar mandi, namun berhasil selamat dengan memukul ular itu menggunakan sikat pembersih sebelum memanggil petugas keamanan untuk membantu melepaskan ular tersebut.

x|close