KPU Surakarta Tetapkan 2 Paslon dalam Petarungan Pilkada 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 22 Sep 2024, 18:39
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Gedung KPU RI. (Antara) Gedung KPU RI. (Antara)

Ntvnews.id, Solo - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta telah menetapkan dua pasangan calon untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 setelah mengadakan rapat pleno tertutup di Solo, Jawa Tengah, pada hari Minggu.

Ketua KPU Kota Surakarta, Bambang Cristanto, mengumumkan nama kedua pasangan calon tersebut, yaitu Respati Ardi-Astrid Widayani dan Teguh Prakosa-Bambang Nugroho.

"Berdasarkan SK Nomor 331 Tahun 2024, untuk paslon Respati-Astrid diusung 11 gabungan partai politik, sedangkan pasangan Teguh-Bambang diusung PDI Perjuangan," kata Bambang Cristanto di Solo.

Baca Juga: Kampanye Dimulai 25 September, KPU Jakarta Komitmenkan Hal Ini

Surat keputusan tersebut telah dikirim oleh KPU kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Surakarta, serta kepada pasangan calon dan partai politik yang mendukung mereka.

Selanjutnya, pada hari Senin, 23 September 2024, pihak KPU akan mengadakan pengundian nomor urut untuk peserta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta 2024. Dalam acara ini, seluruh partai politik, forkopimda, dan semua pihak terkait diundang untuk hadir.

Setelah pengundian nomor urut, acara akan dilanjutkan dengan deklarasi pemilu damai yang juga diikuti oleh kedua pasangan calon.

Baca Juga: KPU Sulawesi Selatan Tetapkan 2 Pasangan Calon di Pilkada 2024

"Dalam acara ini dua pasangan calon wajib hadir langsung ke lokasi karena nanti yang mengambil nomor urut wakilnya didampingi oleh calon wali kota," katanya.

Dalam waktu dekat, mereka juga akan melakukan sosialisasi mengenai PKPU terbaru yang mengatur mekanisme kampanye.

"Ada beberapa lokasi untuk kampanye yang harus di-update seperti di Lapangan Losari yang sekarang jadi lokasi pasar darurat," katanya.

x|close