Profil Kombes Gidion Arif Setyawan, Alumni Akpol 1996 yang Ditunjuk Jadi Kapolretabes Medan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 23 Sep 2024, 14:30
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Kombes Gidion Arif Setyawan Kombes Gidion Arif Setyawan (Instagram)

Ntvnews.id, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menunjuk Kombes Gidion Arif Setyawan sebagai Kapolrestabes Medan yang baru, menggantikan Kombes Teddy Jhon Sahala Marbun. Perubahan kepemimpinan ini tercatat dalam Surat Telegram Kapolri dengan Nomor: ST/2098/IX/KEP/2024.

Telegram tersebut ditandatangani oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo pada 20 September 2024. Di dalam telegram itu, Kombes Teddy dialihkan tugasnya sebagai Widyaiswara Kepolisian Madya TK I Sespimti Sespim Lemdiklat Polri.

Profil Kombes Pol Gidion Arif Setyawan

Kombes Gidion Arif Setyawan <b>(Instagram)</b> Kombes Gidion Arif Setyawan (Instagram)

Gidion Arif Setyawan adalah lulusan Akpol tahun 1996. Selama berkarir sebagai polisi, Gidion telah mengemban sejumlah posisi penting, khususnya di bidang reserse. Penugasan Gidion di Sumatera Utara bukanlah yang pertama kalinya. 

Sebelumnya, pria kelahiran 10 Juni 1975 ini pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan dengan pangkat Kompol. Selain itu, pada 2014-2015, Gidion juga pernah dipindah sebagai Kapolres Dairi. Setelah dari Dairi, ia dipromosikan menjadi Kapolres Banyumas.

Pada tahun 2016, Gidion ditugaskan sebagai Wadirresnarkoba Polda Metro Jaya hingga tahun 2017. Kemudian, pada 2017-2019, dia menjadi Dirreskrimsus Polda Riau.

Kombes Gidion Arif Setyawan <b>(Instagram)</b> Kombes Gidion Arif Setyawan (Instagram)

Setelahnya, Gidion berpindah ke Polda Jawa Timur dan diangkat sebagai Dirreskrimum, meskipun hanya dalam waktu singkat. Di tahun yang sama, yaitu 2019, Gidion dipercaya menjabat sebagai Dirreskrimsus Polda Jatim hingga tahun 2020.

Setelah itu, dia diberi tugas sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri hingga 2021. Di tahun yang sama, Gidion diangkat sebagai Kapolres Metro Bekasi.

Kemudian, pada tahun 2022, ia ditunjuk menjadi Kapolres Metro Jakarta Utara sebelum akhirnya diangkat sebagai Kapolrestabes Medan menggantikan Kombes Teddy.

x|close