5 Pesawat Kiamat Baru Saja Disiapkan Amerika Serikat, Apa Fungsinya?

NTVNews - 16 Mei 2024, 09:08
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Pesawat Kiamat Amerika Serikat (AS) Pesawat Kiamat Amerika Serikat (AS) (Istimewa)

Ntvnews.id, Washington - Baru-baru ini, Angkatan Udara Amerika Serikat telah melakukan pembelian lima pesawat dari Korean Air, yang merupakan jenis Boeing 747-8s.

Dilansir dari IFL Science, Kamis, 16 Mei 2024, pesawat-pesawat tersebut akan diubah untuk digunakan sebagai armada pesawat Survivable Airborne Operations Center (SAOC).

Pesawat SAOC memiliki peran sebagai ruang perang terbang untuk presiden, menteri pertahanan, serta pejabat pemerintah dan militer lainnya.

Mereka juga berfungsi sebagai tempat alternatif di udara selama perang nuklir, memungkinkan presiden AS untuk meluncurkan serangan nuklir dari jarak yang jauh. Karena fungsi yang luar biasa ini, pesawat SAOC juga dikenal sebagai "pesawat kiamat" atau "Doomsday Plane". Saat ini, peran tersebut dijalankan oleh E-4B Nightwatch. 

"Angkatan Udara Amerika Serikat saat ini mengoperasikan empat pesawat E-4B. Satu pesawat selalu siaga untuk siap bertugas jika keadaan mendesak," jelas IFL Science.

Ilustrasi Pesawat <b>(Istimewas)</b> Ilustrasi Pesawat (Istimewas)

Hanya saja saat ini usia E-4B sudah masuk kategori berumur. Diketahui AU Amerika Serikat pertama kali menggunakan E-4B pada 13 Juni 1973. Artinya pesawat itu sudah berusia 51 tahun.

Kelima pesawat baru itu nantinya akan bertugas menggantikan E-4B. Untuk saat ini seluruh persiapan pembuatan pesawat kiamat baru itu akan dilakukan oleh Sierra Nevada.

Halaman
x|close