KPU Jabar Tetapkan Nomor Urut Paslon Pilgub 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 24 Sep 2024, 11:57
Alber Laia
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Empat paslon gubernur-wakil gubernur Jabar mengangkat hasil undian nomor urut dalam Pilkada 2024 di Aula KPU Jabar, Bandung, Senin (23/9/2024). Empat paslon gubernur-wakil gubernur Jabar mengangkat hasil undian nomor urut dalam Pilkada 2024 di Aula KPU Jabar, Bandung, Senin (23/9/2024). (Dok.Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Dalam suasana penuh tradisi dan kearifan lokal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat secara resmi menetapkan nomor urut empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan berlaga dalam Pilkada 2024.

Penetapan nomor urut ini menjadi momen menarik karena menggunakan simbol-simbol pewayangan, sebuah warisan budaya yang melekat kuat di Jawa Barat.

Baca Juga:

Dapat Nomor Urut 3 di Pilkada Jakarta, Pramono Ngaku…

Pilkada Sumut 2024: Bobby-Surya Nomor 1 dan Edy-Hasan Nomor 2

Rapat Pleno Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon (Paslon) digelar pada Senin malam (23/09/2024) di Aula KPU Jawa Barat.

Acara yang dimulai pukul 19.30 WIB ini berlangsung dengan suasana khidmat, dengan seluruh komisioner KPU Jabar dan Bawaslu Jabar terlebih dahulu memasuki ruangan, diikuti oleh pasangan calon yang datang secara berurutan.

Ilustrasi Pilkada 2024. (Antara) Ilustrasi Pilkada 2024. (Antara)

Proses pengambilan nomor urut berlangsung dua tahap. Pada tahap pertama, para calon wakil gubernur mengambil nomor untuk menentukan urutan pengambilan nomor undian utama, dengan urutan pengambilan berdasarkan waktu kedatangan pasangan calon.

Dalam tahap ini, pasangan Dedi-Erwan, Acep-Gita, Syaikhu-Ilham, dan Jeje-Ronal mengambil nomor pengurutan mereka.

Berikut adalah hasil pengundian nomor urut Paslon untuk Pilkada Jawa Barat 2024.

Acep Adang-Gitalis Dwi Natarina mendapatkan nomor urut 1.

Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja memperoleh nomor urut 2.

Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie meraih nomor urut 3.

Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan ditetapkan dengan nomor urut 4.

Setiap nomor urut yang diumumkan disambut sorak-sorai dan teriakan semangat dari para pendukung, menandakan tingginya antusiasme menuju pertarungan politik dalam Pilkada Jabar 2024.

Setelah penetapan nomor urut, Ketua KPU Jabar, Ummi Wahyuni, yang memimpin rapat pleno tersebut, menyatakan bahwa pengundian nomor urut resmi ditetapkan.

"Berdasarkan pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jabar ditetapkan nomor urut pasangan calon," ujarnya dikutip dari Antara.

x|close