Tsunami Hantam Pulau-pulau di Jepang Usai Terjadi Gempa Bumi

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 25 Sep 2024, 10:19
Adiansyah
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi gempa. (Antara) Ilustrasi gempa. (Antara)

Ntvnews.id, Jepang - Tsunami kecil melanda Jepang setelah gempa bumi magnetudo 5,9 menghantam pulau tak berpenghuni di Samudra Pasifik pada hari Selasa waktu setempat.

Melansir dari India Today, menurut Badan Meteorologi Jepang, tsunami setinggi 50 cm (1,6 kaki) memasuki Pulau Hachijo, salah satu Kepulauan Izu, sekitar 40 menit setelah gempa bumi.

Tsunami yang lebih kecil juga terdeteksi di tiga pulau lain, Kozushima, Miyakejima dan Izu Oshima, kata badan cuaca.

Sejauh ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan akibat tsunami atau gempa bumi.

Badan cuaca juga telah mengeluarkan peringatan tsunami setinggi sekitar 1 m (3,3 kaki) untuk pulau Izu dan Ogasawara.

Ilustrasi Gempa bumi. <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Gempa bumi. (Pixabay)

Sekitar 21.500 orang tinggal di pulau-pulau di gugus Izu dan sekitar 2.500 di Kepulauan Ogasawara, kantor berita The Associated Press melaporkan.

Sementara itu, hujan lebat melanda wilayah Noto di Jepang tengah pada hari Sabtu, menewaskan sedikitnya satu orang dan lebih dari tujuh orang dilaporkan hilang.

Curah hujan per jam mencapai rekor 121 mm (4,8 inci) pada Sabtu pagi di Wajima, sementara wilayah tetangga Suzu menerima 84,5 mm dalam satu jam, yang juga merupakan angka tertinggi sepanjang masa.

Gempa bumi berkekuatan 7,6 skala Richter melanda Suzu, Wajima dan daerah sekitarnya di Jepang pada bulan Januari tahun ini, menewaskan lebih dari 300 orang.

Jepang terletak di Cincin Api Pasifik, serangkaian patahan seismik di Samudra Pasifik, dan merupakan salah satu negara paling rawan gempa bumi dan tsunami di dunia. 

x|close