Heboh Matahari Plasa Simpang Lima Semarang Tutup Operasional Gegara Hal Ini

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 25 Sep 2024, 12:29
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Plasa Simpang Lima Semarang Plasa Simpang Lima Semarang (Google Maps)

Ntvnews.id, Semarang - Banyak berita yang beredar mengenai kemungkinan tutupnya departemen store Matahari Plasa Simpang Lima Semarang pada akhir bulan ini. Matahari Department Store adalah penyewa utama di Plasa Simpang Lima Semarang.

Merek retail ini mengkhususkan diri dalam penjualan pakaian dan menempati lantai dua dan tiga. Gerai Matahari sudah beroperasi sejak Plasa Simpang Lima pertama kali dibuka. Mal ini dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan yang paling ramai di pusat Kota Semarang.

Plasa Simpang Lima dibangun dalam dua fase, yaitu fase pertama dari tahun 1988 hingga 1990, dan fase kedua dari 1998 hingga 2000. Pusat perbelanjaan ini secara resmi dibuka pada bulan Oktober 1990.

Dengan pendirian Matahari di Plasa Simpang Lima Semarang, gedung serbaguna Wisma Pancasila serta kantor Departemen Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi (Depparpostel) pun digantikan.

Plasa Simpang Lima Semarang <b>(Instagram)</b> Plasa Simpang Lima Semarang (Instagram)

Artinya, Gerai Matahari di Plasa Simpang Lima telah beroperasi selama kurang lebih 34 tahun. Sayangnya, di tahun ketiga operasionalnya, Matahari memutuskan untuk menghentikan kegiatan bisnis.

Tutupnya Matahari Department Store diduga terkait dengan berakhirnya kontrak sewa dengan pengelola lokasi tersebut dan tidak adanya perpanjangan kontrak. Menurut Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Semarang, kontrak sewa untuk Matahari di Plasa Simpang Lima telah selesai pada Maret 2024.

Walaupun masa sewa tersebut telah berakhir, Matahari dilaporkan masih buka pada September 2024. Hingga saat ini, belum ada kejelasan mengenai alasan di balik keputusan Matahari untuk tidak memperpanjang sewa di Plasa Simpang Lima Semarang.

Plasa Simpang Lima Semarang <b>(Google Maps)</b> Plasa Simpang Lima Semarang (Google Maps)

Kekhawatiran ini mulai beredar di media sosial, terutama karena banyaknya ruang kosong di mal dan berkurangnya pengunjung dalam waktu terakhir. Namun, pihak pengelola Plasa Simpang Lima Semarang telah membantah tuduhan tersebut.

Melalui akun Instagram, Plasa Simpang Lima Semarang menegaskan bahwa pusat perbelanjaan tersebut masih beroperasi hingga sekarang.

“Halo, kak, kita masih buka ya,” tulis akun Instagram @plasasimpanglima.smg dalam kolom komentar pada unggahan @semarangskyperject, Senin (23/9/2024).

Di unggahan @Semarangskypreject, banyak warganet yang keliru mengira bahwa Plasa Simpang Lima Semarang akan segera ditutup.

x|close