TNI AD Bakal Kerahkan 56.900 Prajurit Buat Ikuti Upacara HUT ke-79 di Monas

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 28 Sep 2024, 02:00
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Prajurit TNI. (Antara) Prajurit TNI. (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Wahyu Yudhayana mengungkapkan bahwa sekitar 56.900 anggota TNI AD akan berpartisipasi dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI. Upacara tersebut akan dilaksanakan di Monas, Jakarta Pusat, pada tanggal 5 Oktober yang akan datang.

Partisipasi sejumlah besar prajurit ini mencerminkan komitmen TNI AD dalam menyelenggarakan acara yang penting ini dan menunjukkan kesiapan mereka dalam menjalankan tugas serta menjaga kedaulatan negara.

“Pengerahan personel TNI AD untuk upacara HUT TNI di Monas berjumlah 56.900 orang, yang melibatkan satuan-satuan dari Pulau Jawa,” ungkap Kadispenad kepada media pada Selasa (24/9/2024).

Wahyu menambahkan bahwa TNI AD juga akan mengerahkan pasukan defile sebanyak 1.918 orang. Pasukan tersebut terdiri dari lima unit, yaitu Korps Wanita AD (Kowad), Polisi Militer AD (Pomad), Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Komando Cadangan Strategis AD (Kostrad), dan Komando Daerah Militer Jayakarta (Kodam Jaya).

Ilustrasi Anggota TNI <b>(ANTARA)</b> Ilustrasi Anggota TNI (ANTARA)

“1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Kowad berjumlah 204 orang, 1 SSK Pomad berjumlah 206 orang, 1 Satuan Setingkat Batalyon (SSY) Kopassus 504 orang, 1 SSY Kostrad 502 orang, dan 1 SSY Kodam Jaya berjumlah 502 orang,” jelasnya.

Di samping itu, Wahyu juga mengungkapkan bahwa TNI AD akan menampilkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari berbagai satuan. Alutsista yang dipamerkan termasuk Tank Harimau dari Pussenkav, yang sudah ditampilkan dalam acara "Pesta Rakyat" pada 21 dan 22 September 2024.

“Parade alutsista yang akan dipamerkan antara lain Tank Leopard, Tank Marder, MLRS Astros, Mistral MPCV, Radar MPCV, Ranpur Badak, Ran Komob, POV Komodo, Panser Anoa, Panser V-150, Radar CM 200 Shikra, Rudal Starstreak, P6 Atav, Ran PJD, Ran SOTM, dan lain-lain,” tuturnya.

Prajurit TNI. (Antara) Prajurit TNI. (Antara)

Sementara itu, TNI Angkatan Laut (AL) akan mengerahkan 4.500 prajurit serta berbagai jenis alutsista untuk memeriahkan acara puncak HUT ke-79 TNI.

Dalam rangka menyiapkan pasukan, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin apel kesiapan pasukan untuk Upacara HUT ke-79 TNI yang diadakan di Bumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, pada Selasa (24/9/2024).

Dalam sambutannya, KSAL Ali menyampaikan bahwa upacara HUT TNI lebih dari sekadar sebuah acara formal.

“Lebih dari itu, ini adalah panggung di mana kita menunjukkan kepada bangsa dan dunia bahwa TNI, khususnya TNI Angkatan Laut selalu siap dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara,” kata KSAL dalam keterangan persnya pada hari Selasa.

x|close