Nekat! TNI Gadungan Muncul Saat Pelatihan Gladi HUT ke-79 TNI di Monas, Berujung Diamankan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 28 Sep 2024, 16:37
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
TNI Gadungan di Monas TNI Gadungan di Monas (Instagram)

Ntvnews.id, Jakarta - Pria yang menyamar sebagai anggota TNI dengan pangkat Letnan Dua ditangkap di Monas, Jakarta Pusat, pada Jumat (27/9/2024). Pria berusia 23 tahun berinisial JGK ini ditangkap karena mengenakan seragam dinas harian TNI Angkatan Laut. 

“Di tengah-tengah puluhan ribu pasukan TNI di Monas kok bisa nya gadungan berani munculkan diri mau nyari penyakit,” tulis akun TikTok @andapbridgeston1 yang dilansir pada Sabtu, 28 September 2024. 

Ia nekat datang ke Monas untuk mengikuti pelatihan gladi persiapan upacara HUT TNI ke-79 yang bakal digelar dalam waktu dekat. Menurut laporan tertulis dari TNI yang diterima oleh NTVNews.id, pria tersebut berasal dari Kramat Sentiong, Jakarta Pusat. 

@andapbridgeston1 nyari penyakit ya kaya gini ni #tnigadunganyangviral #viraltiktok #tniindonesia???????? ? Komando Latihan Pertempuran - RVGI

Pria tersebut kemudian ditangkap dan diamankan oleh Letkol Pom Mansur (Kasat Gakkum Puspom TNI) sekitar pukul 16.50 WIB ketika sedang berjalan kaki menuju halte Juanda yang berada di dekat Masjid Istiqlal Jakarta.  

JGK berangkat dari tempat kost dengan menggunakan bajaj, namun di perjalanan ia mengenakan seragam TNI AL dengan pangkat Letnan Dua yang ia simpan dalam tas selempangnya, tujuannya adalah untuk menyaksikan latihan upacara TNI di Monas.  

JGK menyebut bahwa ia memakai seragam tersebut karena pernah mengikuti seleksi Pa PK TNI pada Oktober 2023 namun tidak lolos. Ia juga menyebut bahwa seragam TNI AL dengan pangkat Letda Sus itu dibelinya di Pasar Turi seharga Rp500.000. 

TNI Gadungan di Monas <b>(Instagram)</b> TNI Gadungan di Monas (Instagram)  

Saat penangkapan, JGK juga kedapatan membawa minuman keras tradisional merek Moke yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Minuman tersebut ia dapatkan dari seseorang saat tiba di Monas, namun JGK mengaku tidak meminumnya.  

Sampai berita ini ditulis, JGK sudah diserahkan kepada Posko Kodim 0501 Jakarta Pusat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai hal tersebut.  

Sebagai informasi, perayaan HUT ke-79 TNI akan diselenggarakan di Monas pada tanggal 5 Oktober 2024 dengan melibatkan 100 ribu prajurit.  

Para prajurit akan berpartisipasi dalam berbagai rangkaian acara, termasuk persiapan upacara, parade, demonstrasi, defile pasukan, serta pameran alat utama sistem senjata (alutsista).

x|close