Momen Delegasi Indonesia Walkout Saat PM Israel Pidato di Sidang Umum PBB

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 29 Sep 2024, 16:01
Deddy Setiawan
Penulis
Marco Tampubolon
Editor
Bagikan
PBB PBB (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Sejumlah delegasi dari berbagai negara memilih untuk keluar (walk out) saat Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu hendak memulai pidato di Majelis Umum PBB di New York. Salah satu delegasi tersebut adalah Indonesia.

Momen walk out delegasi Indonesia itu dibagikan melalui akun X resmi Kementerian Luar Negeri, @Kemlu_RI.

Dalam foto-foto yang terlihat, ada perbandingan kursi delegasi Indonesia sebelum dan sesudah Netanyahu mulai berbicara.

Baca Juga: Ini Tututan 124 Negara PBB Soal Kependudukan Palestina oleh Israel

Begitu Netanyahu naik ke podium, delegasi Indonesia segera meninggalkan tempat duduk dan berjalan keluar. Suara tepuk tangan dan sorakan juga terdengar dalam video tersebut.

"Indonesia bersama banyak negara melakukan walk out saat Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menyampaikan pidato di Sidang Majelis Umum PBB ke-79 di New York, Amerika Serikat, Jumat, 27 September 2024, demikian keterangan yang disampaikan @Kemlu_RI melalui akun X.

Menurut laporan BBC, aksi walk out dilakukan oleh beberapa delegasi negara saat Netanyahu naik ke panggung sebagai bentuk protes, meskipun tidak disebutkan delegasi mana saja yang memilih keluar.

Baca Juga: Kekhawatiran PBB Soal Iran Eksekusi Mati Sampai 400 Orang

Netanyahu memulai pidatonya dengan bersumpah untuk melawan 'fitnah', mengklaim sengaja datang ke PBB untuk berbicara di depan delegasi negara.

"Setelah saya mendengar kebohongan dan fitnah yang ditujukan kepada negara saya oleh banyak pembicara di podium ini, saya memutuskan untuk datang ke sini dan meluruskan semuanya," ungkap Netanyahu.

Dalam pidatonya, Netanyahu juga memperingatkan bahwa Israel akan menyerang Iran jika diserang terlebih dahulu, menekankan bahwa Israel mampu mencapai bagian mana pun di Iran.

x|close