Serba-serbi Pilkada DKI Jakarta: Rano Karno Potong Rambut saat Blusukan ke Glodok

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 29 Sep 2024, 21:00
Deddy Setiawan
Penulis
Marco Tampubolon
Editor
Bagikan
Bang Doel Potong Rambut dan Sebut Jakarta Kota Ini Bang Doel Potong Rambut dan Sebut Jakarta Kota Ini (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Rano Karno atau biasa disapa Bang Doel melakukan blusukan ke Chinatown Market atau Pasar Pecinan Glodok, Tamansari, Jakarta Barat, Minggu, 29 September 2024.

Bang Doel yang ditemani Bendahara Tim Pemenangan Charles Honoris mengaku bersyukur dengan antusiasme masyarakat yang menyambut baik dan mendukung program Jakarta Menyala.

Baca juga: Rano Karno Prioritaskan Warga Kampung Bayam untuk Hunian Layak di Jakarta

"Alhamdulillah akhirnya kita nyampe juga ke Glodok. Ya kembali lagi lah saya bilang memang saya tuh besar di Jakarta ya gak jauh sebetulnya Kemayoran dengan Glodok ini," kata Bang Doel.

Bang Doel menceritakan, kawasan Glodok yang kebanyakan diisi oleh etnis Tionghoa memiliki peran penting dalam kemajuan Jakarta sejak zaman dahulu. Bang Doel semakin yakin jika kemajuan Jakarta merupakan akumulasi pertukaran budaya, ras dan suku sehingga menjadikan kota yang kosmopolitan.

"Jakarta ini sejak dulu merupakan Kota Kosmopolitan, coba deh liat kawasan ini (Glodok) banyak etnis Tionghoa sejak dahulu. Perannya penting (etnis Tionghoa) dalam kemajuan Jakarta yang merupakan kota kosmopilitan banyak suku disini sejak dulu kaya Arab, Betawi, Jawa, Tionghoa yang melalukan perdagangan," ucapnya.

Diketahui saat tiba Bang Doel langsung disambut meriah oleh warga dan pedagang. Sepanjang blusukan tersebut, banya warga dan pedagang berebut untuk bersalaman dan berfoto bersama.

Bang Doel Potong Rambut dan Sebut Jakarta Kota Ini <b>(Istimewa)</b> Bang Doel Potong Rambut dan Sebut Jakarta Kota Ini (Istimewa)

Bahkan Bang Doel sempat singgah untuk makan dan mencukur rambut di Ko Tang yang terletak di kawasan Glodok, Jakarta Barat, yang masih berdiri kokoh diusianya yang beranjak ke-88 tahun.

"Waduh-waduh gue jadi inget di Shanghai nih," kata Bang Doel.

"Semoga jadi ya bang (Wakil Gubernur DKI Jakarta)," jawab Lili seorang pegawai di Ko Tang yang mendoakan Bang Doel.

Lebih jauh Bang Doel menyatakan bahwa Glodok merupakan wilayah yang mempunyai semangat kesatuan yang kuat. Mengingat banyak terdapat keragaman suku dan budaya didalamnya.

"Kalau zaman dulu kita bahkan kalau kesini naik numpang kereta turun di Beos. Nah jadi itulah artinya sekarang ya masyarakat sini  menerima kita," jelasnya.

"Karena ini adalah sebuah kultur yang ada di tengah masyarakat Jakarta. Jadi itulah, kita ini adalah masyarakat yang kosmopolitan, bergabung bersama-sama, dan menyatakan satu, menjadi satu kesatuan, yaitu masyarakat Jakarta. Dan setiap warga Jakarta punya hak yang setara," pungkasnya.

 r

x|close