Dasco Ungkap Postur Kabinet Prabowo Rampung H-5 Pelantikan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 30 Sep 2024, 12:05
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (26/9/2024). Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (26/9/2024). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Ntvnews.id, Jakarta - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan bahwa terkait "nomenklatur kabinet" saat ini masih dalam keadaan yang sangat "dinamis."

Namun, Dasco menyebut bahwa Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah memiliki target waktu untuk menyelesaikan susunan kabinet tersebut.

"Kalau dari informasi yang kami dapat, nomenklatur kabinet itu masih fluktuatif, masih dinamis, begitu juga dengan nama-nama, terutama dari parpol yang proporsinya tidak terlalu lebih besar daripada yang profesional," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 30 September 2024.

Dia menjelaskan bahwa proses penyusunan kabinet masih dalam tahap penyesuaian, dengan beberapa nama yang masuk dan keluar.

Baca Juga: Dasco Tegaskan DPR-Pemerintah Sepakat Akomodasi putusan MK dalam PKPU

"Nah, ini masih kemudian ada yang masuk, ada yang tarik, sehingga mungkin finalisasi kabinet itu agak lama ya, tetapi tentunya presiden terpilih punya target kemungkinan h-5 (sebelum pelantikan presiden) sudah selesai," sambung Dasco.

Mengenai siapa saja yang akan mengisi kabinet, Dasco menegaskan bahwa ia belum dapat mengungkapkan nama-namanya.

"Nanti kita akan sama-sama lihat karena itu adalah prerogatif daripada presiden terpilih, seperti apa nanti postur kabinetnya, nanti kita akan lihat pada waktunya nanti," jelasnya.

Selain itu, Dasco juga menjelaskan bahwa pertemuan rutin Prabowo dengan beberapa tokoh di Hambalang tidak ada hubungannya dengan pembahasan soal kursi "menteri."

Baca Juga: Dasco: Kami Utamakan Aspirasi Rakyat Sebelum Gelar Paripurna RUU Pilkada

"Di Hambalang itu memang rutin diadakan diskusi-diskusi, jadi setiap Jumat dan Sabtu ada diskusi-diskusi, dan itu memang mengundang beberapa tokoh-tokoh perpolitikan di nasional," katanya.

"Sehingga sudah saya jelaskan kemarin bahwa tidak ada korelasinya dengan pemanggilan calon-calon menteri," tambah Dasco.

x|close