5 Fakta Pesawat Garuda Bawa Jemaah Haji Terbakar di Udara dan Mendarat Darurat

NTVNews - 16 Mei 2024, 17:16
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Pesawat Garuda Terbakar Pesawat Garuda Terbakar (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 1105, yang membawa 450 jamaah haji dari Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengalami pendaratan darurat setelah mesin di sayap kanan terbakar.

Kejadian ini terjadi saat pesawat dalam perjalanan dari Makassar ke Madinah, ketika baru saja lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Kabupaten Maros, Sulsel, pada Rabu, 15 Mei 2024. Berikut deretan faktanya:

Penjelasan Kronologi 

"Penerbangan GA-1105 rute Makassar – Madinah pada hari ini engangkut kelompok terbang (Kloter) 5 asal embarkasi Makassar, melakukan prosedur Return to Base (RTB) sebagai langkah cepat guna memitigasi risiko pada aspek safety dan keamanan operasional pada penerbangan tersebut," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, dalam keterangan.

Pesawat Garuda Indonesia. Foto (Istimewa) Pesawat Garuda Indonesia. Foto (Istimewa)

Keputusan RTB tersebut diambil oleh Pilot in Command (PIC) segera setelah pesawat lepas landas dengan mempertimbangkan kondisi kendala engine pesawat yang memerlukan pemeriksaaan lebih lanjut, setelah diketahui adanya percikan api pada salah satu engine.

Atas kondisi itu, engine pesawat diharuskan menjalani prosedur pengecekan secara menyeluruh sebagai bagian dari upaya memastikan kesiapan armada untuk dapat kembali beroperasi. 

"Perlu kami sampaikan bahwa penerbangan tersebut telah mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 17.15 LT, #eluruh penumpang tengah diarahkan kembali menuju asrama untuk menunggu kesiapan pesawat pengganti," terang Irfan.

Halaman
x|close