Berapa Jumlah Anggota DPR RI Terpilih Periode 2024-2029

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 1 Okt 2024, 09:47
Zaki Islami
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Ilustrasi Ruang DPR RI Ilustrasi Ruang DPR RI (ANTARA)

Ntvnews.id, Jakarta - Tepat hari ini, sebanyak 580 anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029 akan dilantik. Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan KPU RI tentang hasil Pemilu Legislatif 2024.

Pelantikan anggota DPR RI yang baru dilaksanakan di Ruang Paripurna, Gedung Nusantara alias Gedung kura-kura yang merupakan bangunan ikonik simbol parlemen.

Baca Juga:

Ini Daftar 11 Komisi DPR dan Tugas Rahasia Mereka yang Jarang Diketahui Publik!

Daftar Ketua DPR RI dari Masa ke Masa, Mayoritas Berasal dari Partai Golkar

Berdasarkan jadwal agenda yang diterima, acara akan dimulai pada pukul 09.20 WIB dengan pengumuman Ketua KPU RI tentang anggota tertua dan termuda DPR, DPD, dan MPR. Selanjutnya Sekretaris Jenderal masing-masing lembaga akan mengumumkan pimpinan sementara DPR, DPD, MPR, yang diisi oleh anggota tertua dan termuda itu.

Gedung DPR <b>(Istimewa)</b> Gedung DPR (Istimewa)

Selanjutnya agenda masuk ke pengucapan sumpah/janji jabatan yang bakal dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung. Presiden Joko Widodo beserta Wapres Ma'ruf Amin pun diagendakan hadir dalam acara itu.

Acara kemudian berlanjut ke penyerahan memori dari Pimpinan DPR RI lama ke Pimpinan DPR RI sementara itu. Hal itu juga akan dilakukan oleh lembaga DPD RI dan juga MPR RI.

Adapun saat ini Anggota DPR RI yang terpilih bertambah dari 575 anggota menjadi 580 anggota karena adanya pemekaran provinsi di daerah Papua. Kemudian partai politik yang lolos ke DPR RI berkurang dari 9 partai politik menjadi 8 partai politik.

Berikut Partai Terbanyak di kursi DPR RI

1. PDI Perjuangan 110 Kursi
2. Partai Golkar 102 Kursi
3. Partai Gerindra 86 Kursi
4. Partai NasDem 69 Kursi
5. PKB 68 Kursi
6. PKS 53 Kursi
7. PANS 48 Kursi
8. Partai Demokrat 44 Kursi.

x|close