Bocoran Pimpinan DPR 2024-2029: Puan, Dasco, Adies, Saan dan Faisol Riza

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 1 Okt 2024, 14:57
Moh. Rizky
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ketua DPR RI Puan Maharani Ketua DPR RI Puan Maharani (YouTube)

Ntvnews.id, Jakarta - Bocoran pimpinan DPR RI periode 2024-2029 muncul. Pimpinan DPR periode berikutnya, dari Puan Maharani hingga Saan Mustopa. Hal ini diungkap Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Said Abdullah.

Said pun mengaku, posisi ketua DPR akan kembali diduduki oleh Puan Maharani dari PDIP sebagai fraksi dengan perolehan kursi terbanyak di DPR.

"Kalau pimpinan DPR RI insyaallah yang pertama ketuanya Mbak Puan Maharani," ujar Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Said juga menyebut, bahwa Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad juga akan kembali menduduki posisi wakil ketua DPR dari Gerindra.

Sedangkan posisi wakil ketua DPR dari Partai Kebangkitan Bangsa akan diisi oleh Faisol Riza yang menjabat sebagai ketua Komisi VI DPR pada periode lalu.

"Kalau dari NasDem, kalau tidak keliru pendengaran saya itu seharusnya Pak Saan Mustopa. Kemudian dari Golkar teman saya dari Jawa Timur, Adies Kadir itu yang saya dengar," tutur Said.

Sebelumnya Saan menjabat sebagai wakil ketua Komisi II DPR, sementara Adies adalah wakil ketua Komisi III DPR. Said pun menegaskan bahwa posisi ketua DPR akan tetap diduduki oleh PDI-P sesuai dengan Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3).

Berdasarkan Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), kursi ketua DPR akan diisi oleh anggota DPR dari partai politik yang memperoleh kursi terbanyak di DPR RI, dalam hal ini PDIP

"Dari PDIP sesuai dengan UU MD3 insyaallah kalau tidak ada aral, tidak ada halangan, tidak ada hambatan, Mbak Puan Maharani untuk kedua kalinya memimpin DPR RI," kata dia.

Lebih lanjut, Said mengatakan PDIP menilai Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani layak untuk menjadi ketua MPR periode 2024-2029. Pada periode lalu, Muzani merupakan wakil ketua MPR dari Partai Gerindra.

"Kalau dari pandangan PDI-P yang paling pas Pak Muzani," tandasnya.

x|close