Romy Soekarno Ucapkan Terimakasih ke Arteria Setelah Dilantik Jadi Anggota DPR

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 1 Okt 2024, 15:07
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Romy Soekarno. Romy Soekarno. (Instagram)

Ntvnews.id, Jakarta - Cucu Presiden ke-1 RI Soekarno, Romy Soekarno, resmi dilantik sebagai anggota DPR periode 2024-2029. Romy menyampaikan rasa terima kasihnya kepada rekan-rekan PDIP, Sri Rahayu dan Arteria Dahlan, yang telah mengundurkan diri sebagai caleg terpilih di dapil yang sama.

"Oh itu memang (keputusan) dari DPP yah. DPP mengapresiasi bagaimana saya di dapil berjuang dari pagi sampai malam dan terima kasih untuk Bu Sri Rahayu dan Mas Teri," ujar Romy di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, 1 Oktober 2024

Romy menambahkan bahwa Arteria dan Sri Rahayu menghargai usahanya di dapil Jatim VI. Ia juga berharap dapat berjuang demi kepentingan rakyat.

"Karena mereka mengapresiasi semua apa yang saya lakukan di dapil sehingga ya mudah-mudahan saya bisa menjadi wakil rakyat yang bisa berjuang untuk bangsa dan negara berdasarkan ajaran Bung Karno," jelasnya.

Baca Juga: Sosok Romy Soekarno, Keponakan Megawati Pengganti Arteria Dahlan di DPR

Diketahui bahwa caleg PDIP terpilih, Sri Rahayu, dan calon penggantinya Arteria Dahlan, mundur sebelum pelantikan DPR, yang memungkinkan Romy Soekarno untuk masuk ke parlemen, Senayan.

Penetapan caleg terpilih tersebut tercantum dalam Surat Keputusan (SK) KPU 1401/2024, yang merupakan perubahan kelima atas SK KPU Nomor 1206/2024 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPR pada Pemilu 2024.

Dalam SK yang ditandatangani Ketua KPU Mochammad Afifuddin pada Jumat (27/9), nama Romy Soekarno dinyatakan sebagai caleg terpilih dari PDIP dapil VI Jatim. Pergantian caleg ini terjadi karena Sri Rahayu mengundurkan diri, dan Arteria Dahlan yang menggantikannya juga memutuskan mundur.

Baca Juga: Ini Alasan Arteria Dahlan Mundur dari Kursi DPR

"Menggantikan calon terpilih atas nama Dra. Sri Rahayu (peringkat suara sah ke II, nomor urut 1) karena yang bersangkutan mengundurkan diri dan calon atas nama H. Arteria Dahlan, S.T., S.H., M.H. (peringkat suara sah ke III, nomor urut 4) karena yang bersangkutan mengundurkan diri," demikian bunyi petikan dari SK 1401 Tahun 2024.

Dengan keputusan tersebut, putra dari Rachmawati Soekarnoputri ini dipastikan menuju Senayan setelah memperoleh 51.245 suara. Romy akan duduk sebagai anggota DPR bersama Pulung Agustanto, adik Pramono Anung, yang meraih 165.869 suara.

x|close