Dasco Ungkap Ahmad Muzani Bakal Jadi Ketua MPR RI

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 1 Okt 2024, 15:36
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (26/9/2024). Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (26/9/2024). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Ntvnews.id, Jakarta - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan bahwa Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, akan mencalonkan diri sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI periode 2024–2029.

"Penugasan dari Partai Gerindra memang sudah ditetapkan bahwa Pak Ahmad Muzani akan maju sebagai calon ketua MPR," ujar Dasco setelah pelantikan anggota DPR, DPD, dan MPR periode 2024–2029 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2024.

Terkait pemilihan pimpinan DPR, Dasco menjelaskan bahwa prosesnya harus mengikuti peraturan yang berlaku.

"Itu nanti pimpinan DPR akan diutus oleh masing-masing partai yang mempunyai suara terbanyak satu sampai dengan enam," ungkapnya.

Baca Juga: Dasco: RUU Perampasan Aset Masuk Prolegnas

Mengenai rumor bahwa dirinya akan kembali ditunjuk sebagai pimpinan DPR, Dasco, yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPR periode 2019–2024, mengaku belum mengetahui keputusan partai.

"Saya belum tahu penugasan dari partai, tetapi kalau ditugaskan, kami siap," ucap Dasco.

Sebanyak 580 anggota DPR RI dan 152 anggota DPD RI yang terpilih berdasarkan Surat Keputusan KPU RI tentang Hasil Pemilu Legislatif 2024 untuk periode 2024–2029, dilantik pada Selasa di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Jumlah anggota DPR yang dilantik meningkat dari 575 menjadi 580 orang, sementara anggota DPD RI bertambah dari 136 menjadi 152 orang dibandingkan periode sebelumnya.

Partai politik yang lolos ke Senayan antara lain PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional.

x|close